Advertisement

ANTARIKSAWAN vang di Amerika Serikat di sebut astronaut dan di Uni Soviet disebut kosmonot— ialah oraug yang terpilih untuk melaksanakan perjalanan kc angkasa luar Antariksawan pertama di dunia adalah Yuri A. Gagarin, yang pada 12 April 1961 menjclajah angkasa luar dengan satu kali mengclilingi orbit bumi. Lama perjalanannya I06menit, dengan apogeum 327 kilometer di atas permukaan bumi. Pcsawat angkasa luar yang digunakan adalah Vostok I.

Sukscs Yuri Gagarin ini selama beberapa tahun menjadi bahan propaganda ampuh bagi Uni Soviet. Perang dingin dan pcrsaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet waktu ilu menyebabkan AS memacu program angkasa luarnya. Tanggal 5 Mei 1961, AS mengirimkan antariksawan Allan B. Sheppard ke angkasa luar, tetapi tidak santpai di orbit. Lama perjalanannya hanya 16 menit dan ketinggian yang di- capai hanya sekitar 250 kilometer, sebelumnya mencebur ke Lautan Atlantik. Baru pada 20 Februari 1962, dengan pesawat antariksa Friendship, antariksawan John H. Glenn berhasil mengclilingi lintasan orbit bumi sebanyak tiga kali. Waktu itu lama perjalanannya 4 jam 55 menit, dengan apogeum 256 kilometer.

Advertisement

Latihan. Selain melalui berbagai ujian seleksi, scorang calon antariksawan harus pula menjalani berbagai latihan berat. Di Amerika Serikat, dulu, hanya penerbang yang memiliki 1.500 jam terbang yang dapat dipilih menjadi calon antariksawan.

Incoming search terms:

  • pengertian antariksawan
  • antaraksawan adalah
  • arti antariksawan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian antariksawan
  • antaraksawan adalah
  • arti antariksawan