Advertisement

ANTARTIKA benua yang hampir seluruhnya selalu tertulup es dan salju tebal, terletak di sekitar Kutub Selalan. Benua ini luasnya 13.209.000 kilometer persegi, hampir dua kali luas Benua Australia, dan mc- rupakan benua terbesar kelima. Benua ini merupakan daerah yang paling dingin dan paling terpencil di dunia. Di sekelilingnya terdapat laut yang sering mengalami badai besar dan di mana-mana terapung bongkahan es. Laut ini lebih dikenal sebagai Lautan Antartika.

Tanpa salju dan es yang menutupinya, ketinggian rata-rata benua ini adalah 1.830 meter dari permukaan laut, atau hampir dua kali ketinggian rata-rata benua lainnya. Tebal es dan salju yang menutupinya rata- rata 2.440 meter, sehingga secara keseluruhan benua ini mempunyai ketinggian rata-rata 4.270 meter. Di daerah pcdalaman, tutup es yang paling tebal mencapai 4.267 meter. Di dekat pantai tebal es hanya sekitar 30 meter.

Advertisement

Keadaan Alam. Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari berbagai penjuru dunia, terungkap bahwa benua ini terdiri atas berbagai gambaran geografi yang menarik, antara lain batu karang yang mcnonjol di sana sini, puncak-puncak gunung dan deretan pegunungan yang sangat panjang. Beberapa puncak itu mencapai ketinggian 5.181 meter. Benua ini juga tertulup es yang sangat tebal, bahkan permukaan es di sini hampir merupakan 90 persen dari seluruh permukaan es yang ada di dunia ini. Kutub Selatan terletak pada ketinggian 2~804 dengan tertutup es setebal 274 meter. Kurang dari 10 persen permukaannya berupa batu karang yang mcnonjol tanpa tutup es.

Pegunungan Transantartika membelah benua ini menjadi dua bagian, yaitu Antartika Timur dan Antartika Barat. Di sisi pegunungan ini terdapat permukaan yang dalam, namun tertutup es setebal 3.200 meter. Sebagian daerah ini berada 1.600 meter di bawah nermukaan laut. Antartika Timur merupakan bagian terbesar yang letaknya mengarah ke Samudra Hindia, dan Australia. Kutub Selatan terletak di bagian Antartika Timur ini. hanya sekitar 480 kilometer dari Pegunungan Transantartika. Antartika Barat sebagian besar merupakan kepulauan, bahkan ada yang permukaannya berada di bawah permukaan laut. Namun kepulauan ini tertutup oleh es yang menutupi seluruh benua Antartika. Bagian ini sebagian besar terletak di Belahan Bumi Barat, mengarah ke Lautan Pasifik dan Amerika Selatan. Pada kedua belah sisinya yang bcrlawanan, Antartika terpotong oleh dua teluk raksasa, yaitu Laut Ros dan Laut Weddell. Kedua teluk itu hanya terpisr.hkan c!eii daratan seluas 1.100 kilometer.

Iklim di Antartika merupakan kombinasi dari tiupan angin kencang, udara yang amat dingin, dan badai salju. Puncak musim dingin di Antartika tcrjadi dalam bulan Juni. Pada saat itu, suhu di sepanjang pesisirnya berada di bawah – 40°C dan di daerah pcdalaman dapat turun sampai — 70°C. Pada musim panas yang terjadi di bulan Desemher, suhunya rata rata berada di bawah titik beku.

Sumber Alam. Sejauh diketahui, Antartika ada lah b. ja yang paling iniskin akan sumber alam. Sejumlah kecil mineral, seperti nikcl, tembaga, mo libdenum, besi, dan cmas, pernah ditemukan padi’ batuan di barisan pegunungan. Juga ditemukan se jumlah besar batu bara pada beberapa batuan sedi men. Tetapi semua barang tambang ini berkualitas rendah dan tersebar pada berbagai tempat yang terpisah jauh. Namun penemuan ini belum dapat memastikan sejauh benua ini benar-benar miskin, karena sulitnya penelilian yang harus dilakukan. Laut Antar a memiliki banyak jenis binatang seperti anjinj tut, ikan paus dan berbagai jenis ikan lain nya. Berbagai jenis burung dijumpai di daerah perair an pantainya, antara lain burung penguin dan burung petrel. ilmu pengetahuan percaya bahwa dahulu Benua Antartika merupakan daratan yang hangat dan penuh dengan tetumbuhan. Namun mereka tak dapat memperkirakan bagairnana dan kapan benua itu ber- ubah menjadi gurun es.

Sejarah Penemuan Antartika. Dahulu, selarna beratus-ratus tahun Antartika merupakan misteri. Orang-orang hanya nienduga duga saja. Orang Yunanilah yang pertama kali menulis mengenai benua itu; orang Romawi menyebutnya sebagai terra incognita australis (daratan wilayah selatan tak dikenal). Orang-orang Selandia Baru yang pergi ke selatan kemudian menceritakan berbagai legenda mengenai sebuah daratan putih yang maha luas.

Pada permulaan tahun 1800-an, para pemburu anjing laut dan ikan paus masih sangat merahasiakan tempat perburuan mereka.

Tahun 1928, seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat, Richard E Byrd, memimpin ckspedisi pertamanya ke Antartika. Tahun berikutnya, ia berhasil menjadi orang pertama yang terbang di atas Kutub Selatan. Sebclum meninggal pada tahun 1957, ia masih scmpat empat kali lagi memimpin ckspedisi penyclidikan yang berhasil ke Antartika.

Selama tahun 1950-an dan 1960-an, para ahli ilmu pengetahuan mencoba tinggal di Antartika untuk memecahkan misteri kedalaman dan pergerakan lapisan es di tempat itu. Mereka juga ingin tahu lebih banyak lagi mcngenai daratan yang ada di bawah lapisan es, termasuk sumber-sumber kekayaan alamnya.

Para ahli ilmu pengetahuan itu berpendapat. pergerakan lapisan es tcrsebut paling tidak bermula di dua tempat. Satu di wilayah Antartika Barat, dekat Stasiun Byrd, dan satunya lagi jauh di pedalaman Antartika Timur. Namun tak seorang pun taliu persis lokasinya.

Mereka kemudian menetapkan lautan di sekitar Antartika sebagai bagian tcrsendiri yang disebut Lautan Antartika. Pcrairan Antartika sebenarnya me- rupakan bagian dari Lautan Pasifik, Lautan Atlantik. dan Samudra Hindia. Karena itu banyak peta yang tidak memperlihatkan pemisahan tersendiri Lautan Antartika ini. Air di Lautan Antartika lebih dingin, namun tidak scasin air laut di belahan bumi lain nya.

Incoming search terms:

  • Pengertian antartika
  • pegunungan yang menyekat antartika
  • Pengertian benua antartika
  • Pegunungan yang menyekat antartika dibagi menjadi 2 bagian antartika kecil dan antartika besar ialah
  • arti antartika
  • pegunungan yang menyekat antartika menjadi 2 bagian antartika kecil dan antartika besar ialah
  • apa itu antartika
  • Maksud warna putih antartika
  • apa yg di maksud antartika
  • apa yg di maksud dg benua antartika

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian antartika
  • pegunungan yang menyekat antartika
  • Pengertian benua antartika
  • Pegunungan yang menyekat antartika dibagi menjadi 2 bagian antartika kecil dan antartika besar ialah
  • arti antartika
  • pegunungan yang menyekat antartika menjadi 2 bagian antartika kecil dan antartika besar ialah
  • apa itu antartika
  • Maksud warna putih antartika
  • apa yg di maksud antartika
  • apa yg di maksud dg benua antartika