Advertisement

ANTROPOLOGI adalah ilmu pengetahuan tentang manusia, baik fisik Maupun kebudayaannya (anthrpos manusia dan logos = ilmu). Istilah antropologi ini pertama-tama ditemukan dalam sebuah buku cntah karangan siapa, yang mernbahas manusia dan membaginya dalam dua aspek: anatomi dan psikologi. Kemudian istilah ini juga ditemukan dalam tulisan Hundt (1502) Anthropologeion, yang menggambar- kan anatomi manusia, dan dalam buku Capella (1533) L’Anthropologic, yang menggambarkan kckhususan- kekhususan pribadi manusia.

Semula Buffon (1707-1788) mendefinisikan antropologi scbagai ilmu sejarah alarn manusia. Namun sepcrti kata P.L. Stein dan B.M.Rowe (1982), mempclajari manusia tidak dapat lepas dari aspek ling- kungan alain di sekitar kehidupan increka. Saat ini, pada hakikatnya, antropologi mendasarkan pendekatannya pada prinsip holistik: mcmahami manusia sebagai satu keutuhan {totalbeing). Antropologi mempelajari manusia masa kini dan masa lain dari pelbagai penjuru dunia dan dari scgala aspek: fisik, psikologi, sosial, moral, sistem politik, kesenian, kekerabatan, filsafat, dan agama.

Advertisement

Sepcrti juga pada beberapa ilmu lain (non eksakta), antropologi tidak mendasarkan intcrprclasi pada absolutisme. Semua interpretasi sangat relatif dan harus di pan dang dalam kaitan dengan sistem di mana sesuatu sedang dipe’ajari. Antropologi tidak menyatakan bahwa sesuatu adalah “baik” atau “buruk”, “salah” atau “benar”, karena hal terscbut adalah wawasan ahli-ahli moral atau politik. Tetapi dalam mempelajari manusia, antropologi selalu berpegang pada prinsip mencoba memahami hubungan bentuk, struktur dan fungsi dari ciri-ciri dan sistem. Metode pendekatan antropologi menekankan pcrbandingan, kontras, dan sintesis.

Di Indonesia, antropologi merupakan suatu disiplin ilmu sosial yang diajarkan di sekolah Menengah Atas maupun di perguruan tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi, kuliah-kuliah antropologi disclcnggarakan dalam jurusan antropologi. Jurusan antropologi ter¬dapat di berbagai universitas di Indonesia, yaitu: Universitas Indonesia di Jakarta, Universitas Gadjah Mad a di Yogyakarta, Universitas Sam Ratulangie di Manado, Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Hasanuddin di Ujungpandang, Universitas Udayana di Denpasar, Universitas Sumatra Utara di Medan, Universitas Cendrawasih di Jaya Pura, dan Universitas Andalas di Padang. Dewasa ini jumlah universitas yang menyediakan pcrkuliahan di bidang antropologi ditambah lagi dengan Universitas Airlangga di Surabaya dan Universitas Tadulako di Palu.

Dalam pengertian yang sangat luas, objek studi antropologi meliputi pengkajian tentang (1) antropologi budaya yang mempelajari (a) sejarah kebiasaan manusia di masa purbakala, (b) perkembangan (c) perilaku dan kebudayaan bcrbagai masyarakat di dunia; dan (2) antropologi ragawi, yang mempelajari evolusi, ras, dan perkembangan perilaku makhluk primata, yang mencakup manusia.

Incoming search terms:

  • arti antropologi
  • pengertian buffon
  • pengertian jurusan antropologi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti antropologi
  • pengertian buffon
  • pengertian jurusan antropologi