Advertisement

APENDISITIS adalah peradangan infeksi pada usus buntu, yang juga sering disebut umbai cacing atau apendiks. Usus buntu merupakan saluran usus yang ujungnya buntu dan menonjol dari bagian awal usifs besar yang disebut sekum (cecum).Usus buntu besarnya kira-kira sama dengan kelingking tangan dan terletak di perut kanan bawah. Strukturnya mirip bagian usus lainnya, namun lapisan lendirnya banyak me ngandung kelenjar yang senantiasa mengeluarkan lendir.

Bila terjadi penyempitan atau penyumbatan pada mulutnya, terjadi timbunan lendir di dalam rongga usus buntu. Kuman yang banyak terdapat di usus besar akan tumbuh dengan cepat di dalam genangan lendir ini. Akibatnya, terjadi infeksi dan pernanahan. Bila infeksi bertambah hebat, usus buntu itu dapat pecah, dan kotoran manusia beserta segala kumannya menyebar ke rongga perut. Bila tidak segera di- operasi, keadaan ini umumnya mengakibatkan kematian.

Advertisement

Bila proses peradangan berjalan perlahan-lahan, jaringan usus bereaksi dengan menyelubungi usus buntu yang sakit, sehingga proses tidak dapat meluas. Keadaan ini terjadi pada orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat; proses penyakitnya berjalan secara menahun.

Gejala pertama yang dirasakan umumnya adalah rasa tidak enak di sekitar pusar disertai rasa mual, tidak ada nafsu makan, dan kadang-kadang muntah. Penderita.dapat mengalami sembelit atau diare, namun ada yang tidak mengalami gangguan. Bila peradangan sudah menembus dinding usus dan mencapai selaput rongga perut di sekitar usus buntu, rasa tidak enak itu berubah menjadi rasa nyeri di perut  bawah. Suhu badan menjadi tinggi. Penyumbatan atau penyempitan muara usus buntu dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar usus buntu itu. Pembesaran itu biasanya terjadi pada anak-anak, mungkin akibat infeksi berdampak umum seperti infeksi saluran nafas bagian atas, campak, atau infeksi saluran cerna. Muara usus buntu juga dapat tersumbat oleh gumpalan tinja yang membatu ini biasanya terjadi pada orang dewasa, mungkin karena buang air besar tidak teratur. Penyumbat lain yang dapat mempersempit saluran usus buntu adalah biji-bijian yang masuk ke usus buntu, cacing (cacing kremi, gelang atau pita), tumor, dll.

Penyakit usus buntu hampir selalu memerlukan operasi untuk membuang usus buntu yang telah rusak atau menjadi sumber infeksi. Di samping itu, agar penyakit itu teratasi, umumnya diperlukan antibiotika. Sekarang, risiko kematian akibat radang usus buntu sangat kecil, yaitu sekitar 0,1 persen. Walaupun demikian, bila penyakitnya sudah parah dan infeksinya telah meluas, risiko naik menjadi sekitar 5 persen. Satu-satunya cara mencegah akibat peradangan usus buntu adalah melakukan operasi pembuangan usus buntu (apendektomi) sebelum terjadi apendisitis. Umumnya tindakan ini dilakukan di kalangan militer yang sering harus tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas operasi.

 

Incoming search terms:

  • apa arti apendikaitis
  • arti apendistis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa arti apendikaitis
  • arti apendistis