Advertisement

APPIA adalah jalan raya yang paling awal dibuat dan paling terkenal di Kerajaan Romawi Kuno. Jalan raya ini terutama dibangun untuk kepentingan militer. Nama Latinnya, yang digunakan hingga sekarang, adalah Via Appia. Bagian pertama jalan, sepanjang 212 kilometer dari Roma ke Capua, dibangun oleh Appius Claudius Caecus pada 312 SM. Dalam kenyataannya Jalan Appia membujur lurus ke tenggara Roma, melintas daerah Latium hingga Terracina. Dari sini jalan itu menyusur tepi laut hingga Capua.

Begitu pentingnya Jalan Appia bagi Roma, sehing- ga urusan pemeliharaannya ditangani seorang kurator dari kalangan praetoria. Lebar jalan paling kurang 6 meter. Pada awal pembangunan, badan jalan dibuat dari batu yang direkatkan dengan kapur. Poros jalan dibuat agak cembung untuk memudahkan air meng alir ke tepinya. Permukaannya ditutupi dengan tanah liat tetapi kemudian diganti dengan lava gunung berapi sehingga lebih keras. Hampir seluruh jalan masih dapat dilalui dengan baik pada pertengahan abad ke-6.

Advertisement

Pada awal era Kristen, bagian utara Jalan Appia, dekat Roma, dijadikan katakombe, bangunan bawah tanah dengan banyak lorong, tempat orang Kristen melarikan diri dari penganiayaan Kaisar Romawi.

Advertisement