Advertisement

Bintang di dalam tata surya

Semua benda-langit umumnya disebut “bintang”. Sesungguhnya, bintang di dalam tata surya kita hanya Matahari. Bulan dan Planit bukanlah bintang.
Bintang seperti halnya Matahari terdiri atas bermacam gas panas, dan memancarkan sinamya sendiri. Bintang-bintang terbentuk dari kelompok-kelompok awan yang terdiri atas gas dan debu di lingkungan gugus bintangnya. Karena kantong-kantong gas itu mengerut oleh kekuatan gravitasi, pusatnya menjadi panas dan mendapat tekanan tinggi. Oleh suatu proses atom, gas zat air berubah menjadi gas helium, dan lahirlah sebuah bintang. Pengertian – arti bintang.

Kekuatan gravitasi

Bintang memiliki perbedaan dalam usia, ukuran, suhu dan warna. Bintang berwarna merah pucat bersuhu paling rendah; bintang berwarna kebiruan merupakan yang paling panas. Beberapa bintang menjadi semakin panas sampai meledak. Bintang-bintang itu disebut supernovae.
Tidak semua bintang terpencil sendiri. Ada yang berpasangan, bertiga, dan berkelompok-kelompok oleh kekuatan gravitasi yang tarik-menarik.
Gugus bintang kita diperkirakan terdiri atas paling sedikit 100.000 juta bintang. Semuanya terpisah oleh jarak yang sangat jauh. Para ahli falak mengukur jarak ini dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam setahun. Ukuran jarak bintang ini disebut tahun cahaya.

Susunan bintang

Bila kita memandang ke ruang angkasa, sesungguhnya kita memandang ke masa lampau. Kebanyakan cahaya bintang yang kita lihat memulai perjalanannya jauh sebelum kita lahir. Cahaya dari bintang yang paling terang, Sirius, membutuhkan waktu 8,7 tahun untuk mencapai kita. Cahaya dari bintang Castor dalam susunan bintang Gemini waktunya 44 tahun.

Susunan Perseus

Cahaya dari bintang Algol dalam susunan Perseus membutuhkan waktu 116 tahun. Dan semua ini hanya beberapa saja dari bintang-bintang yang paling terang. Tak seorang pun dapat mengatakan dengan pasti, apakah bintang selain, matahari juga dikelilingi planit. Teleskop kurang kuat untuk menangkapnya. Tetapi beberapa benda langit besar diketahui berkeliling dekat bintang-bintang, karena gravitasinya mengganggu orbit bintang-bintang itu. Pengertian – arti bintang.

Filed under : Bikers Pintar,