Advertisement

BUDHISME HINAYANA (400-250 SM)

Dari dua interprestasi Budhisme yang muncul setelah Budha Gautama, Budhisme Hinayana lebih awal dan lebih ketat. Istilah “Hinayana” berarti “kendaraan kecil”. Nama ini diberikan oleh saingan utamanya yang menamakan dirinya “Mahayana” atau “kendaraan besar”. Empat aliran besar Budhisme Hinayana ialah Theravada, Sarvastivada, Sautrantika, dan Vaibhasika. Sarvastivada merupakan sumber paling relevan untuk sebuah ikhtisar ajaran- ajaran pokok Budhisme Hinayana.

Advertisement

1. Tekanan Budhisme pada penderitaan sebagai unsur dominan dalam pengalaman tetap merupakan sentral, dan individu mau tak mau harus menerima kehadiran penderitaan dalam hidup- nya.

2. Sementara menerima penderitaan, orang mesti mencari pembebasan dari roda kelahiran kembali. Ia harus menghabiskan karma akibat kesalahannya pada masa lalu, dan tidak memproduksi lagi.

3. Jika ia berhasil melakukan ini, ia akan masuk Nirvana. Sebegitu jauh, ide-ide ini sama sekali tidak berbeda dari ajaran-ajaran Budha. Tetapi di mana Budha tidak mempersoalkan hakikat Nirvana sebagai “tidak dapat diperbaiki”, di situ pandangan ini menyatakan dengan pasti bahwa Nirvana berarti pemadaman, kepunahan. Diibaratkan sebagai padamnya lampu.

4. Dalam tradisi tertua ajaran-ajaran Budha dikatakan, kesadaran merupakan sebuah agregat. Pandangan ini di sini dipertahankan dan kepunahan terakhir saina dengan hilangnya agregat itu.

5. Pandangan ini juga mempertahankan doktrin tentang maya (keselamatan, kesemuan), seraya menekankan perubahan tak henti-hentinya segala sesuatu dan pandangan bahwa karma dan kelahiran kembali adalah mungkin meski tidak adanya ego yang tetap bertahan. Karakter dapat dialihkan dari mom en yang satu ke yang Iain, atau dari eksistensi yang satu ke yang lain.

6. Hinayana menjelaskan bahwa tidak ada Allah; karena upaya keselamatan menjadi tanggung jawab individu saja.

Incoming search terms:

  • pengertian hinayana

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian hinayana