Advertisement

EKONOMI

Inggris: economics; dari Yunani oikonomikos, oikonomia, dari oikos (rumah, tempat tinggal) dan netnetn (mengurus, mengelola).

Advertisement

Sebuah ilmu sosial yang obyeknya ialah sumber-sumber yang langka, terbatas di satu pihak, dan keinginan atau kebutuhan yang tidak terbatas di lain pihak. Ilmu ini dibagi atas dua: a) ekonomi positif (teori ekonomi) dan b) ekonomi normatif (terapan teori ekonomi dalam masyarakat tertentu). Ekonomi normatif atau ekonomi terapan berbicara mengenai struktur kehidupan sosial manusia. Ekonomi ini berusaha mengadakan keharmonisan antara penawaran (barang-barang yang terbatas dan pelayanan) dan permintaan (kebutuhan yang tidak terbatas), sehingga kemakmuran sebesar-besarnya dapat dicapai dan dengan demikian hal itu merupakan satu segi kebudayaan dan bagian integral dari hidup sosial manusia.

Ekonomi terapan harus didasarkan pada teori ekonomi sebagaimana kehidupan sosial didasarkan pada filsafat sosial. Karena manusia cerdiri atas badan dan jiwa, kebudayaan manusia harus menyangkut baik kebutuhan material maupun spiritual (rohani). Ekonomi merembesi semua, bahkan mempengaruhi, kegiatan kebudayaan yang tertinggi (misalnya, seni, ilmu pengetahuan dan agama), yang tidak merupakan embel-embel saja tetapi bagian integral dari kebudayaan manusia.

Advertisement