Advertisement

EMOSI

Inggris: emotion; dari bahasa Latin emovere (bergerak ke luar), e (keluar) dan movere (bergerak).

Advertisement

1. Satu bentuk dari perasaan (feeling).

2. Perasaan khusus (partikular), tak dapat diredusir, dianalisis; suatu kualitas kesadaran, hadir secara langsung, yang diketahui hanya dengan memilikinya, tak dapat dipandang sebagai kualitas yang dirasakan pada kesadaran seseorang.

3. Emosi dapat dianggap berhubungan dengan tingkah laku. Emosi dapat mempengaruhi usaha berpikir, memahami, berkonsentrasi, memilih, bertindak. Misalnya, rasa takut dapat dihuhungkan dengan memacu jenis-jenis tertentu dalam belajar, usaha mengintensifkan pemahaman, bertambah baiknya konsentrasi terhadap hal-hal tertentu di sekitarnya. Iri hati dihubungkan dengan efisiensi yang berkurang dalam hubungan dengan orang atau keinginan untuk membuatkan sesuatu; atau dapat dihubungkan dengan akibat sebaliknya dalam beberapa pribadi.

4. Perasaan seseorang yang mengungkapkan sikapnya kepada dunia sekitarnya, dan kepada dirinya sendiri. Ada emosi yang berjangka pendek (seperti kegembiraan, rasa sedih). Dalam arti sempit ini orang sering menggunakan istilali emosi. Ada emosi yang bertahan lama, seperti rasa cinta, rasa benci, dan se- terusnya.

5. Emosi seseorang secara genetik ada sejak lahir, namun dibentuk oleh masyarakat pula. Kita cidak memakainya hanya untuk menunjuk keseluruhan perasaan inderawi, tetapi juga kesatuan erat dari yang rohani-batiniah dan yang inderawi dalam pengalaman kita. Dalam bahasa pergaulan, “orang emosional” biasanya dilawankan dengan orang rasionalis atau voluntaris. Emosi mempengaruhi seluruh pengalaman pribadi, sosial, etik dan keagamaan akan nilai-nilai. Kehidupan emosional yang tidak autentik (dibuat-buat, sentimentil, berlebih-lebihan) tidak baik. Kekurangan yang tidak normal pada emosi seseorang mengakibatkan hal-hal yang melumpuhkan pada kehidupan mentalnya. Kehidupan emosional yang autentik dan kuat merupakan suatu kekuatan yang hebat bagi perkembangan mental dan tujuan yang bernilai dan usaha pembentukan karakter.

 

Incoming search terms:

  • emosi arti

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • emosi arti