Advertisement

ENERGI

Inggris: energy, Yunani: energeia, dan en (dalam) dan ergon (kerja); energos (giat, aktif). Istilah Yunani yang berarti tindakan, atau perbuatan.

Advertisement

1. Kekuatan, daya, tenaga yang keluar dari suatu benda.

2. Kekuatan untuk menghasilkan suatu perubahan.

3. Kemampuan inheren untuk bertindak dan untuk menyebabkan tindakan.

4. Aristoteles menggunakan istilah ini untuk menunjuk “kekuatan”, “aktivitas” (kegiatan), “kekuatan tindakan”, “proses menjadi yang diaktualkan”, “perkembangan dari suatu pontensialitas benda ke dalam aktualisasinya”. Sebagaimana digunakan Aristoteles, istilah ini menunjukkan baik keadaan pontensialitas yang sudah direalisir maupun aktivitas menuju keadaan itu. Dalam kedua arti itu, istilah itu tajam perbedaannya dengan dynamts (potensialitas yang tidak direalisir). Hubungan antara energeta dan entelecheia lebih subtil (halus, sulit). Bila entelecheia didefinisikan sebagai “realisasi penuh esensi”, yang belakangan identik dengan energeia dalam arti pertama, dan cara yang memungkinkan entelecheia tercapai dalam arti yang kedua. Bila entelecheia didefinisikan sebagai “realisasi sempurna atau lengkap energeia”, kedua arti kata energeia masuk.

5. Energi dalam sistem teori fisika mendapat aneka bentuk pengungkapan: energi mekanik, energi termal, energi elektromagnetik, energi nuklir, energi gravitasi, dan sebagainya.

6. Konsep energi mencakup konsep-konsep seperti ruang, waktu, transformasi, kuantitas, arah. Sering dipandang sebagai realitas fisis dasar yang berfungsi sebagai tempat bergantungnya eksistensi dari semua gejala. Semua fenomen adalah manifestasi dari berbagai proses, transformasi, atau tingkatan energi. Dalam arti ini, Materi tidak diartikan sebagai suatu Substansi, atau sebagai blok bangunan terakhir yang tak terubahkan dari jagad raya. Sebaliknya, materi menjadi identik atau dapat diganti dengan konsep a) energi, b) proses, atau c) materi dipandang sebagai suatu bentuk energi. Dalam sebagian terbesar kasus, energi merupakan suatu istilah yang lebih umum dibanding gerak (motion), kekuatan {force) dan tenaga (poti’er).

Incoming search terms:

  • arti energi
  • pengertian free energy
  • arti energi metalogik
  • entelekheaia maksudnya

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti energi
  • pengertian free energy
  • arti energi metalogik
  • entelekheaia maksudnya