Advertisement

ENS

Dari bahasa Latin esse (ada). Kata ens dapat diterjemahkan dengan yang-ada atau pengada.

Advertisement

1. Ens dalam Skolastisisme disebut quod habet esse (apa yang mc- miliki ada).

2. Digunakan secara bergantian dengan res (benda).

3. Kadang-kadang digunakan untuk menunjuk yang-ada sejauh yang-ada (ens in quantum ens).

4. Dalam teologi, ens terakhir dan dasariah menunjuk kepada Allah. Dalam ens seperti itu esensi dan eksistensi identik. Dalam metafisika, yang-ada terakhir ialah Sang Absolut.

5. Ens terbagi ke dalam ens reale (bereksistensi terlepas dari pikiran); ens in potentia (yang-ada potensial); ens in actu (yang-ada aktual); dan ens rationis (yang-ada dalam pikiran).

Ens rationis menunjukkan sesuatu yang dapat ada hanya sebagai obyek pikiran, akan tetapi tidak berada “di dalam dirinya sendiri”. Ens rationis bukanlah eksisten real yang terlepas dari pikiran). Misalnya: “lingkaran bersegi tiga”.

Ens rationis adalah “sesuatu” dalam arti yang sangat tidak tepat, karena kita hanya memikirkannya sebagai sesuatu. Tetapi ens rationis bukanlah sebuah ilusi tetapi sebagai sebuah aturan berpikir. Em rationis mempunyai dasar dalam realitas ini {fundament urn in re). Kepada realitas ini ditambahkan suatu determinasi murni mental, sesuai dengan cara kerja khusus pikiran manusia. Penambahan ini tidak terjadi secara serampangan, tetapi mempunyai fungsi real di dalam proses pengenalan atau pengetahuan. Contoh, dalam konsep ruang, ekstensi benda-benda adalah dasar realitas. Namun demikian, bila kita memikirkan ekstensi ini sebagai yang ada tersendiri yang dapat memegang benda-benda lain, ini merupakan tambahan yang bersifat murni mental. Meskipun begitu, tambahan ini memungkinkan pernyataan-pernyataan obyektif tentang keadaan benda-benda.

Kategori-kategori pokok dari ens rationis adalah kategori yang muncul dan negasi seperti ketiadaan, kebutaan dan kategori-kategori yang menyatakan hubungan-hubungan mental belaka. Misalnya bagian “kiri” atau “kanan” dari pohon, identitas subyek dan predikat.

Incoming search terms:

  • arti ens
  • ens artinya
  • ens new itu apa
  • ens rationis adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti ens
  • ens artinya
  • ens new itu apa
  • ens rationis adalah