Advertisement

EVOLUSI

Dari Latin e (keluar) dan volvere (bergulung, berguling). Ide evolusi, dalam arti umum, merupakan subdivisi masalah satu dan banyak, atau problem kebertetapan dan perubahan. Jika konsep perkembangan evolusioner diangkat dengan generalitas secukupnya, dapat diperlihatkan ia telah mencirikan pemikiran filosofis sejak awal, dan hampir berkelanjutan.

Advertisement

1. Filsafat India, misalnya, sejak awal pertumbuhannya mema- hami suatu hubungan antara perkembangan kosmis dan Brahman. Dan dalam sistem Sankhya proses itu diuraikan dengan istilah-istilah yang kuasi-materialistik.

2. Di kalangan filsuf pra-Sokratik kerangka pemikiran hampir selalu evolusionistik secara tersirat, dan sering pula secara tersurat. Simak misalnya Anaximandros, Heraklitos, Empedokles, dan Demokritos. Anaximandros mendalilkan suatu tata kemajuan di antara benda-benda hidup. Heraklitos berbicara tentang jalan naik turun yang berlangsung selama tahun dunia raya. Empedokles berbicara tentang tahap-tahap perkembangan dan prinsip adaptasi. Demokritos menguraikan proses atomis mekanis yang menjadi dasar bertambahnya kompleksitas perkembangan.

3. Sistem Plato sepertinya merupakan antitesis ide evolusi. Namun demikian, Plato terkadang mengacu kepada siklus waktu raksasa, yang meinuat kcmatian dan kelahiran-kembali, seti daknya kebudayaan-kebudayaan.

4. Aristoteles, walau yakin akan kemantapan spesies, menyumbangkan ide pontensialitas ke dalam filsafat. Dengan potensialitas ide perkembangan dirumuskan. Keyakinan Aristoteles akan kemantapan spesies membatasi penerapan ide perkembangan pada individu di dalam spesies.

5. Bagi kaum Neoplatonis evolusi sebenamya devolusi. Alasannya, jalan menjadi (perubahan) turun dan kesempurnaan llahi.

6. Para filsuf Perancis (Kaum Ensiklopedis) umumnya ingin mengasalkan dunia dari prinsip-prinsip naturalistik. Mereka mengelaborasikan doktrin-doktrin secara tersirat atau tersurat. Menggunakan skala penambahan kompleksitas sebagai perangkat penjelasan. Karya Holbach juga melibatkan manusia serta perkembangannya dalam skema. Dan filsuf Perancis umumnya menganggap kemajuan sebagai tujuan atau cita-cita perkembangan sejarah.

7. Leibniz membentangkan sebuah sistem pemikiran dengan dinamisme hebat dalam unsur-unsur menarik dari segala sesuatu. Namun demikian, perkembangan keseluruhan didahului bukan oleh dinamismenya sendiri, tetapi oleh pemikiran Allah mengenai suatu pola dunia.

8. Pandangan Vico berkisar pada perkembangan manusia dalam masyarakat. Menurutnya, perkembangan itu bersifat progresif maupun siklis. Dia bertolak dari kebijaksanaan ke bentuk- bentuk yang pewujudannya terdapat dalam masyarakat.

9. Hegel menganggap eksistensi identik dengan proses, walaupun ia menemukan alat pengembangan-diri dalam dialektika yang imanen.

10. Schelling menafsirkan eksistensi sebagai suatu proses yang berlangsung atau bergerak melalui urutan tahap-tahap. Prinsip perkembangannya bersifat vitalistik, bukan mekanis.

11. Comte berkisar seputar evolusi kebudayaan. la mengajukan dan menguraikan hukum tiga tahap. Baginya, evolusi kebudayaan berakhir dalam penelitian ilmiah.

12. Charles Darwin dan A. R. Wallace menguraikan evolusi pada tingkat biologis. Keduanya mengemukakan teori seleksi alam dan survival of the fittest (yang kuat hidup terus, yang lemah binasa).

13. Spencer melihat evolusi sebagai hukum alam. Suatu gerakan dari “homogenitas inkoheren ke heterogenitas koheren”.

14. Charles Peirce menerapkan prinsip-prinsip evolusi lebih luas lagi. Menurutnya, hukum-hukum alam raya sendiri berada dalam proses perkembangan melalui periode-periode waktu yang amat panjang.

15. Bergson mengaitkan perubahan evolusioner dengan hakikat waktu. Dalam alam, pada hematnya, terdapat sebuah elanvital, pemberi daya evolusi dan mendorong dunia menuju kebaruan.

Incoming search terms:

  • arty evoluasi
  • evolusi dan devokusi adalah
  • jalan evolusi
  • jalan evolusi artinya
  • maksudnya prinsip sistem dinamisme alam
  • pengertian evoludi dan devolusi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arty evoluasi
  • evolusi dan devokusi adalah
  • jalan evolusi
  • jalan evolusi artinya
  • maksudnya prinsip sistem dinamisme alam
  • pengertian evoludi dan devolusi