Advertisement

INDIVIDU

Inggns: individual; dari bahasa Latin indivtduus (tidak dapat dibagi — dari in (tidak) dan dividuus (dapat dibagi). Terjemahan dari kata Yunani atomon (tak dapat dibagi).

Advertisement

1. Suatu entitas, yang ada sebagai suatu kesatuan tersendiri, yang tidak dapat dibagi secara aktual dan secara konseptual tanpa kehilangan identitasnya.

2. Hal khusus. Lav/an dari hal umum, universal.

3. Hal tunggal.

4. Pribadi; diri; ego.

5. Pemilik hakikat konkret yang mempunyai keunikan yang tidak dapat diungkapkan, sebagaimana pohon pinus ini atau manusia Joko ini. Yang individual bertolak belakang dengan yang universal atau hakikat yang diabstraksikan dari semua pemilik tertentu, yang karenanya dapat dikomunikasikan kepada subyek- subyek atau pemilik-pemilik lain. Hanya yang individual yang sungguh berada di luar pikiran. Sementara yang universal sejauh ada hanya berada dalam pemikiran konseptual.

6. Individu menyajikan suatu kesatuan yang secara hakiki tidak terbagi dan tidak dapat dibagikan. Hal yang satu ini sebagaimana adanya, tidak pernah dapat dilipatgandakan dan karenanya tidak pernah berada lebih dari satu kali ini. Pohon pinus tertentu ini atau manusia tertentu ini, secara niscaya, berada

hanya sekali saja.

7. Keunikan individu yang tiada bandingnya dan kesendiriannya dari segala sesuatu yang lain bertambah sesuai dengan semakin tingginya kesempurnaan tingkat eksistensi. Dalam dunia tumbuhan dan binatang masing-masing individu membedakan dirinya secara jelas dari semua yang lain. Manusia memiliki jenis keunikan yang secara hakiki lebih tinggi, sejauh jiwa rohaninya mengangkat dia kepada tingkat pribadi. Namun roll murni lebih tinggi. Dan akhirnya Allah memiliki partikularitas atau individualitas mutlak, karena Dia secara tidak terbatas melebihi segala sesuatu yang lain.

Incoming search terms:

  • arti individu

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti individu