Advertisement

INDUSTRI ANTARIKSA merupakan industri yang secara teknik paling rumit di dalam pembuatan kendaraan-kendaraan angkasa, perlengkapannya, dan sarana pendukung lainnya. Industri ini menerapkan teknologi dari yang sederhana sampai yang canggih, di antaranya pembuatan pesawat layang tak bermesin, pesawat ringan, pesawat komersial, pesawat tempur, peluru-peluru kendali, pcluncur pesawat-pesawat antariksa, pesawat antariksa berawak maupun tak berawak; sistem-sistem penggerak dan mesin pendorong; perlengkapan-perlengkapan khusus untuk penerbangan ke antariksa; dsb.

Industri antariksa termasuk industri yang paling besar. Di Amerika Serikat industri ini mempekerjakan sekitar 950.000 orang, yang sebagian besar adalah insinyur atau ilmuwan lain. Penjualan kotornya per tahun sekitar 23 milyar dolar AS. Pesawat-pesawat yang telah diciptakannya mempunyai kecepatan dari helikopter mengapung di udara) kecepatan awal Apollo saat menuju bulan. Ukuran benda yang dihasilkannya pun beragam, dari rangkaian mikro avionik (aviation electronic) yang lebih kecil daripada kepala peniti sampai Saturn 5, roket bulan yang bila didirikan sama tingginya dengan gedung berlantai 36.

Advertisement

Industri yang mencakup pembuatan satelit-satelit dan stasiun ruang angkasa ini berkembang sejak akhir dasawarsa 50-an hingga awal 60-an. Perkcmbangan ini merupakan pcrpaduan aniara pcrtumbuhan teknologi yang begitu cepat dengan sit nasi politik internasional, sehingga memaksa negara-ncgara maju iinluk mengadakan pcnelitian dan pengembangan di bidang ini. Selanjucnya perkembangan ini merupakan dasar bagi teknologi baru yang dapat ditcrapkan pada industri-industri lainnya. Pesawat jet yang telah dikembangkan sejak tahun 50-an, misalnya, ternyata merupakan alat transportasi yang dapat menyingkat waktu dan jarak secara dramatis. Penjelajahan ke antariksa telah mcmberikan nuansa baru bagi umat manusia, dan menambah pengetahuan manusia mengenai jagat raya.

Sejak dibuatnya pesawat terbang pertama oleh Wright bersaudara pada tahun 1903 hingga diluncurkannya pesawat ulang-alik, industri antariksa, secara teknologi, telah mengalaini tiga kali revolusi. Pertama, perubahan dalam konstruksi, dari kayu menjadi aluminium dan baja. Ini terjadi di tahun 30-an. Kcdua, pengembangan mesin-mesin turbin gas hingga mempunyai kecepatan supersonik, di akhir 40-an. Dan ke- tiga, pengembangan peltiru-peluru balistik antarbenua dan teknologi penjelajah antariksa (periode 57-60). Setiap revolusi teknologi ini merupakan dasar atau pun kemampuan baru bagi industri antariksa. Ke mampuan-kemampuan baru ini pada gilirannya akan membangkitkan tuntutan-tuntutan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Industri antariksa merupakan industri bcrskala internasional. Ini disebabkan karcna salah satu produknya, yaitu senjata, merupakan unsur yang terpenting di dalam pcrcaturan politik internasional. Industri antariksa Amerika Serikat bersaing dan bekerja sama dengan industri-industri antariksa Eropa Barat dan Jepang. Dalam pada itu, Uni Soviet merupakan pesaing utama Amerika Serikal dalam bidang persenjataan, dan termasuk negara industri antariksa terbesar. Sampai dengan pertengahan 60-an, Uni Soviet hanya mengekspor pesawat pesawat tempur kepada sekutu-sekutunya. Setelali itu, Soviet baru mengekspor helikoptcr, pesawat-pesawat ringan, dan jet-jet transpor ke Eropa Barat, Asia, dan Afrika.

Perancis dan Inggris mcrupakan negara-negara yang maju di bidang ini, setclah Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kcdua negara ini inampu mcrancang dan mcmbuat sendiri seluruh perangkat kendaruan- kendaraan antariksa. Concorde, pesawat komersial supcrsonik pcrtama di dunia, merupakan basil kerja sama kedua negara tersebut. Jepang, yang industri pesawat tcrbangnya hancur dalam Perang Dunia II, ternyata kemudian mampu mcrancang dan memproduksi pesawat dan roket sendiri, meskipun sebagian besar di bawah lisensi Amerika Serikat. Ka nada, meskipun dalam ukuran yang relatif kecil, cukup maju dalam bidang ini. Jerman Barat juga cukup maju dalam hal penclitian dasar dan pengembangan bidang ini. Cina, yang sebclumnya mcmbuat pesawat terbang berdasarkan desain dari Uni Soviet, kini mampu mcluricurkan satelit-satclit antariksanya. Industri antariksa Swedia sangat kecil, tetapi kebijaksanaan nasionalnya di dalam pemilihan spesiali- siisi telah menghasilkan tingkat kemampuan yang tinggi. Konon, sekitar 30 negara tcrlibat dalam berbagai bentuk kegiatan produksi industri antariksa, tetapi dengan pesawat terbang yang lebih besar dan sistem- sistem tenaga penggeraknya.

Teknologi antariksa telah menjadikan industri antariksa sebagai industri yang tercepat pcrtumbuhannya dibandingkan dengan industri-industri lainn a. Pada 1958, pasar dari industri ini hampir tidak ada, tetapi pada pertcngahan 60-an pasarnya telah mencapai 6 milyar dolar AS. Sebagian besar industri ini bergcrak dalam bidang pengembangan kendaraan- kendaraan penjelajah antara bumi dan bulan. Sejumlah sistem satelit bumi (salah satu produk industry antariksa) ternyata berhasil, setelah digunakan dalam komunikasi, pengamatan cuaca, navigasi, pemetaan dan pengintaian.

Incoming search terms:

  • jelaskan industri pesawat ruang antariksa
  • penjelasan teknologi antariksa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • jelaskan industri pesawat ruang antariksa
  • penjelasan teknologi antariksa