Advertisement

KARMA

Dari Sansekerta yang berarti perbuatan atau tindakan.

Advertisement

Itu berarti struktur kehidupan seseorang sebagai hasil atau akibat perbuatan-perbuatannya dalam kehidupan sebelumnya. Oleh karena itu, pandangan ini memerlukan konsep reinkarnasi (kelahiran kembali) atau metempsikosis sebagai unsurnya.

1. Dalam Hinduisme karma (karmavidht) merupakan jalan karya. Tujuan bekerja berhubungan dengan kenyataan bahwa jiwa atau diri bertansmigrasi, dengan membawa serta beban karma, atau akibat-akibatnya.

2. Dalam Jainisme, karma mencirikan realitas yang bahkan sampai pada tingkat atom, dan konsep materi karmik amat penting.

3. Aliran Budhisme Mahayana, dengan percaya kepada karma tetapi bukan jiwa yang bertransmigrasi, memperlihatkan kepandaian yang amat besar dalam menjelaskan peralihan karma tanpa transmigrasi (samsara).

4. Sejumlah pemikir dan fllsuf Barat menyatakan kepercayaan akan reinkarnasi, milsanya kaum Pythagorean, Plato, kaum Cabalis. Akan tetapi, paham karma sering tidak dianalisis secara eksplisit. Dalam konteks Timur, problem keselamatan ialah bagaimana menghabiskan dalam kehidupan sekarang karma yang telah kita kumpulkan atau tumpukkan, tanpa menda- tangkan akibat-akibat selanjutnya.

Advertisement