Advertisement

KATEGORI

Inggris: category. Dari bahasa Yunani kategoria kategorien berarti pernyataan; predikat; dari kata (ke bawah; terhadap, melawan) agoreuein (menegaskan, menyatakan, menekankan, berbicara).

Advertisement

1. Pengelompokan, pembagian, jenis, keluarga, atau tipe yang dapat digunakan untuk membeda-bedakan hal-hal untuk keperluan analisis konseptual dan klasifikasi.

2. Kelompok hal yang mempunyai sebuah predikat atau yang dapat ditunjukkan oleh suatu istilah.

3. Gagasan dasar apa saja, konsep apa saja, ide mana pun, atau prinsip mana saja yang mendasar, bagi suatu sistem filsafat. Istilah ini berarti suatu pernyataan, atau predikasi, dan kemudian “konsep atau forma pemikiran tertinggi”, atau “bentuk pokok predikasi”. Di antara para filsuf sistematis, kategori- kategori amat penting sebagai seperangkat ide fundamental yang memungkinkan semua ide lainnya dapat dinyatakan.

4. Salah satu dari bentuk konseptual tertinggi yang memungkinkan pengetahuan dan yang merupakan suatu kelompok unik dalam pengertian berikut:

a) kategori dapat ditemukan dalam suatu hubungan dengan kategori-kategori (klas-klas, bentuk- bentuk) yang Iain tetapi tidak dapat dideskripsikan oleh kategori-kategori lain itu atau direduksikan oleh kategori-kategori lain itu.

b) kategori tidak dapat dianggap sebagai anggota dari kelas lebih tinggi lain mana pun (kecuali sebagai anggota dari kelompok Ada atau substansi terakhir.

c) kategori memberi bentuk pada isi pengetahuan kita tetapi ia sendiri tidak menyediakan isi itu.

d) kategori berguna sebagai dasar bagi semua komunikasi yang berarti di dalam bahasa-bahasa subjek-predikat.

5. Salah satu klas yang tertinggi yang menjadi patokan penggolongan objek atau benda.

Advertisement