Advertisement

KEBUDAYAAN

culture; Dari bahasa Latin cultura — dari colere (mengolah, mengerjakan tanah).

Advertisement

1. Kebudayaan merupakan seluruh nilai material dan spiritual yang diciptakan atau sedang diciptakan oleh masyarakat selama sejarah.

2. Kebudayaan semula berarti pengolahan dan pengembangan kemampuan-kemampuan manusiawi yang melampaui keadaan alamiah semata (kebudayaan sebagai pendidikan rohani). Dunia kuno dan Abad Pertengahan menyebut ini sebagai humanitas, serta civilitas. Dalam abad ke-17 dan ke-18 konsep kebudayaar diperluas.

3. Pada saat ini kebudayaan dipakai untuk mengartikan apa yang manusia tambahkan pada alam, entah di dalam dirinya sendiri atau pun dalam objek-objek lain (kebudayaan sebagai jumlah keseluruhan benda-benda kebudayaan). Dengan demikian, kalau alam menandakan apa yang lahir bersama manusia dan apa yang ada di luar dirinya tanpa kerja samanya, kebudayaan mencakup segala sesuatu yang merupakan akibat dari aktivitas manusia yang sadar dan bebas. Bagaimanapun majunya manusia dalam mengembangkan kebudayaan namun ia pada akhirnya tetap berakar dalam alam; dan kebudayaan menemukan tujuan- nya yang tepat dalam kepenuhan dan kesempurnaan kodrat manusia; sementara alam merupakan determinan hakiki bagi arah dan luasnya aktivitas kebudayaan. Suatu perkembangan kultural yang bertentangan dengan hakikat manusia, tidak benar, tetapi semata-mata merupakan kebudayaan yang salab.

4. Istilah kebudayaan adakalanya digunakan untuk merangkum semua ungkapan kreatif manusia dalam semua bidang usahanyi Kadang kebudayaan dibatasi pada ungkapan kreatif dalam bidang artes liberates (pengetahuan humaniora). Dalam arti kedua. istilah ini kadang kala diperluas ke pengembangan kepribadian. Walaupun istilah itu digunakan baru abad ke-18, terdapat anteseden-antesedennya pada zaman Yunani.

Incoming search terms:

  • Artikebudayaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Artikebudayaan