Advertisement

KEPULAUAN ADMIRAL adalah gugusan pulau vulkanik di Pasifik Barat Daya. Kepulauan ini terletak 340 km di sebelah utara timur laut Irian Jaya. Kepulauan yang termasuk wilayah Papua Nugini itu luasnya 1.300 km persegi. Jumlah penduduknya menurut data tahun 1964 adalah 11.204 orang. Walaupun pulau ini tergolong kecil, hasil mutiaranya cukup ter- kenal. Hasil lain kepulauan itu adalah kopra.

Pulau terbesar di Kepulauan Admiral adalah P. Manus. Pulau ini panjangnya 80 km dan lebarnya sekitar42 km, serta dikelilingi 16 pulau kec’il. Sebuah gunung setinggi 980 meter terletak di tengah pulau yang diselimuti oleh hutan tropis yang lebat. Bandar laut Lorengau, yang terletak di sebelah timur pulau Manus, kecil tetapi cukup sibuk. Kota bandar itu pun merupakan pusat administrasi untuk seluruh Ke-pulauan Admiral.

Advertisement

Kepulauan Admiral mulanya ditemukan oleh para pelaut Belanda pada 1616. Tetapi bangsa Eropa yang pertama kali menduduki pulau itu adalah Inggris. Jerman kemudian mengusir Inggris dari sana, dan berkuasa sampai kepulauan itu diambil alih oleh Australia tahun 1914. Tetapi sewaktu pecah Perang Pasifik, Jepang merebut kepulauan itu dan dijadikan salah satu pangkalan militernya pada 1942. Dua tahun kemudian, balatentara Sekutu di bawah pimpinan Amerika Serikat mengusir Jepang. Selanjutnya kepulauan itu dimanfaatkan oleh serdadu Sekutu sebagai pangkalan perbekalan bagi armadanya selama Perang Dunia II.

Advertisement