Advertisement

KIRENAISISME

Nama itu berasal dari Kirene, sebuah kota di Afrika Utara; dan menunjuk pada suatu aliran yang dikemukakan oleh Aristippus.

Advertisement

1. Filsafat hedonistis Yunani yang didirikan di Afrika Utara, abad ke-5 sebelum Masehi oleh Aristippus dari Kirene. Karenanya, filsafat itu disebut kireneka.

2. Aliran ini mencanangkan hedonisme. Filsafat ini percaya bahwa kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan adalah memperoleh kenikmatan bagi diri sendiri — menikmati dengan sungguh- sungguh tanpa perduli kerugian yang diakibatkan. Hidup demi kenikmatan-kenikmatan sekarang. Mungkin tidak ada masa depan. Kenikmatan adalah satu-satunya kebaikan yang diinginkan demi dirinya sendiri. Kenikmatan adalah satu-satunya kriteria untuk menentukan benar atau salah. Kenikmatan flsik yang intens, yang langsung adalah yang terbaik. Memanipulasi apa saja dan siapa saja dengan kelicikan, kecerdikan, dan dengan akal supaya mengamankan kenikmatan yang intens ini dianggap sebagai sesuatu yang baik.

3. Satu dari tiga aliran filsafat yang, menurut interpretasi lama: merupakan akibat pengaruh Sokrates. Namanya diambil dari kota Kirene di Libia, tempat kelahiran Aristippus, pendiri aliran ini.

Advertisement