Advertisement

KLAS

Inggris: class, dari Latin classts: pusparagam entitas yang memiliki karakteristik yang sama. Ide klas muncul dalam perkembangan logika, atau pembagian kelompok sosial.

Advertisement

1. Bagi Aristoteles, klas-klas muncul dalam bentuk genus, spesies, properti, diferensi, dan aksiden. Kemudian semua ini dikenal sebagai predikabilia (hal-hal yang dipakai sebagai predikat atau keterangan subjek). Demikian pula, logika silogistik Aristoteles diikuti perkembangannya oleh para pemikir Abad Pertengahan.

2. Suatu klas dililiat menurut ekstensi (keluasan) bila ia didefinisikan dalam kerangka entitas-entitas individual yang beraneka ragam. Suatu klas dilihat menurut intensi (isi) bila ia didefinisikan dalam konteks karakteristik-karakteristik yang membedakannya dari klas-klas lain. Interpretasi silogisme, yang berawal dari logika predikasi Aristoteles, condong kepada penekanan pada klas-klas yang dimengerti berdasarkan ekstensinya.

3. Perkembangan-perkembangan lebih mutakhir dalam ide klas terletak dalam matematika, dan dalam logika simbolik dalam aljabar klas, termasuk konsep-konsep inklusi klas dan eksklusi klas, komplemen klas, jumlah klas, dan klas nol.

Incoming search terms:

  • Pengertian klas

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian klas