Advertisement

KOMUNITAS

Inggris: community, Dalam bahasa Latin communitas, dari communis, com (dengan, bersama dengan) dan munis (batas, ikatan).

Advertisement

1. Komunitas dalam arti lebih luas menunjuk pada setiap struktur sosial, yaitu, setiap persekutuan manusia yang bersifat permanen demi pencapaian suatu tujuan umum. Namun, kita biasanya memberikan sebutan komunitas hanya bagi kelompok-kelompok alamiah (keluarga, rakyat) atau bagi persekutuan-persekutuan yang tumbuh dari ide atau tujuan sama, yang menyatukan. Sebaliknya, masyarakat dalam arti lebih sempit, merupakan suatu perkumpulan dengan tujuan tertentu yang terutama bersandar pada suatu perhitungan rasional. Dalam hal ini, anggota- anggota tidak harus mengenal satu sama lain (misalnya, suatu perkumpulan/klub atletik). Berkaitan dengan ini, suatu komunitas lebih berdasarkan suatu kesatuan cinta dan keprihatinan timbal balik, sementara suatu masyarakat terutama merupakan suatu struktur legal: organisasi.

2. Sebelumnya, kata masyarakat digunakan untuk asosiasi-asosiasi yang didasarkan pada cinta, tetapi dewasa ini asosiasi-asosiasi ini biasanya disebut komunitas-komunitas. Akibat individualisme, yang mempunyai pemahaman yang mendalam tentang nilai intrinsik dari kehidupan komunitas, arti dari kata ‘masyarakat’ menjadi agak menyimpang. Dengan demikian, bangkitlah hasrat bam untuk mengembangkan komunitas sejati. Dan ini mengantar kepada pemakaian kata ‘komunitas’ untuk menyatakan hasrat-hasratnya yang paling dalam. Sciring dengan ini, sering- kali ditemukan suatu keengganan yang sangat emosional bagi semua struktur yang legal, seakan-akan kesatuan batin dari komunitas dibahayakan oleh struktur-struktur itu. Namun, dalam kenyataan aktual, ikatan-ikatan legal tak terelakkan sangat perlu kapan saja sejumlah besar orang ingin bersatu demi kerja sama yang berlangsung terus pada suatu proyek utama. Yang membahayakan komunitas sejati bukanlah hukum sejauh ada melainkan hanya penerapan hukum yang kaku dan tidak mengenal belaskasihan. Dengan demikian, ditolak oposisi sederhana antara komunitas, yang dikatakan secara eksklusi bersandar pada ‘kehendak niscaya’ dan masyarakat yang dikatakan semata-mata bersandar pada ‘kehendak sewenang-wenang. Lebih-lebih lagi kalau oposisi itu diajukan dalam arti bahwi komunitas tumbuh dari kekuatan-kekuatan irasional semata- mata dan dengan demikian terlepas dari rasio dan kehendak.

Incoming search terms:

  • arti kominitas legal

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti kominitas legal