Advertisement

KUALITAS

Inggris: quality-, Latin: qiialitas (sifat, khasiat) qualis (seperti, demikian, begitu), terjemahan dari Yunani poion.

Advertisement

1. Secara umum, semua kondisi dari suatu benda, entah kondisi itu niscaya/mutlak, entah sekadar tambahan pada benda itu.

2. Dalam arti lebih sempit, semua bentuk aksidental merupakan kualitas. Selaku kategori khusus, kualitas adalah determinasi inti, mutlak dari substansi yang berbeda dari kuantitas (misal- nya, kemerahan, kebulatan, kelenturan).

3. Sebagai determinasi inti, kualitas memperluas kekayaan eksistensial dari substansi (berbeda dengan determinasi eksternal tempat dan waktu) yang bagaimanapun tanpa mengubah hakikat substansi (berbeda dengan bentuk substansial). Sebagai aksiden mutlak, kualitas menentukan substansi berkenaan dengan dirinya sendiri dan tidak secara langsung berkenaan dengan eksisten-eksisten lainnya (berbeda dengan relasi).

4. Ciri yang dimiliki oleh suatu hal dan yang memungkinkan hal tersebut dapat dikenal. Misalnya, kemanisan merupakan suatu sifat dari madu.

5. Isi kesadaran yang biasanya dikaitkan dengan objek-objek eksternal yang dihasilkan oleh rangsangan-rangsangan fisik. Misalnya, kemanisan tidak merupakan suatu sifat dari madu tetapi suatu sifat dari kesadaran yang dihasilkan oleh proses-prose fisik.

6. Sifat, atribut, karakteristik merupakan beberapa kata yang dipakai sebagai sinonim kualitas. Dalam banyak hal, kualitas bisa dipandang sebagai memiliki arti yang sangat umum. Suatu sifat sering dipikirkan sebagai suatu kualitas khusus atau partikular. Atribut sering digunakan dalam konteks suatu kualitas yang inheren, esensial atau niscaya. Karakteristik biasanya mengacu pada suatu kualitas atau sifat yang distingtif atau kualitas khas.

Incoming search terms:

  • aksiden mutlak
  • pengertian kosmologi kosmopolitan kosmos sejarah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • aksiden mutlak
  • pengertian kosmologi kosmopolitan kosmos sejarah