Advertisement

LOMPATAN

Inggris: leap.

Advertisement

Istilah ini berkaitan erat dengan filsafat alam. Lompatan merupakan suatu perubahan radikal dalam sebuah bead a atau gejala. Ini terjadi manakala kualitasnya yang lama berubah menjadi suatu kualitas bam karena perubahan-perubahan kualitatif. Dibandingkan dengan tahap perkembangan sebelumnya, yang evolusioner, lompatan menyajikan atau memperlihatkan perubahan-perubahan yang kurang lebih jelas kelihatan, yang relatif cepat. Setiap perubahan kualitatif dapat dihasilkan oleh suatu lompatan saja. Namun lompatan ini dapat mengambil bentuk-bentuk yang sangat berbeda. Ini tergantung pada karakter gejala-gejala dan pada kondisi-kondisi di mana mereka berkembang.

Sebenarnya, setiap gejala mendapat suatu kualitas baru dengan caranya sendiri. Tetapi semua perubahan (peralihan) ini dapat dibagi ke dalam dua jenis yang relatif nyata/pasti: lompatan serentak dan lompatan bertahap (yang seringkali berpadu dalam proses yang satu dan sama). Yang pertama terjadi sedemikian rupa sehingga kualitas yang lama seluruhnya berubah seketika (misalnya, peralihan dari partikel-partikel elementer tertentu menjadi partikel-partikel lain; dalam kehidupan sosial, suatu revolusi sosial mungkin dapat dipakai sebagai contoh lompatan serentak). Yang terakhir terjadi sekian, sehingga suatu benda atau gejala berubah pada bagian-bagian, pada urtsur-unsur individual, sehingga, karena perubahan bertahap, ia ditransformasikan sebagai suatu keseluruhan.

Dalam alam, lompatan jenis kedua merupakan cara yang paling menonjol. Dalam kehidupan sosial, jenis lompatan pertama merupakan karakteristik dari formasi-formasi antagonistis. Dalam formasi-formasi antagonistis ini golongan yang dominan merupakan rintangan bagi peralihan yang secara historis urgen dari sistem yang lama menuju suatu sistem yang baru. Peralihan semacam ini (misalnya, dari kapitalisme menuju sosialisme) hanya dapat dijalan- kan oleh suatu revolusi politis. Jenis lompatan kedua pada prinsipnya merupakan ciri khas sistem-sistem non-antagonistis. Di sini, semua kekuatan sosial utama menaruh minat terhadap perkembangan progresif masyarakat.

 

Incoming search terms:

  • pengertian lompatan
  • lompatan pengertian
  • loncatan partikel
  • pengertian loncatan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian lompatan
  • lompatan pengertian
  • loncatan partikel
  • pengertian loncatan