Advertisement

MASSA

Inggris: mass. Latin: massa. Yunani: rnaza — massein = jewawut, jelai (roti), menguli (adonan)

Advertisement

1. Massa dalam bahasa sehari-hari biasa berarti materi dari suatu benda.

2. Dalam fisika, ide massa muncul dalam prinsip dasar mekanika sebagai suatu faktor proporsionalitas/kesebandingan: Percepatan yang dihasilkan atas suatu benda oleh suatu gaya yang ada sebelumnya berbanding tcrbalik dengan massa. Dengan demikian, massa itu sendiri juga merupakan suatu ukuran bagi materi yang terkandung dalam benda. Massa merupakan sebab dari kelembaman dan berat dari benda-benda; karena itu, ahli fisika berbicara tentang massa inersial (lembam) dan massa gravitasional.

Dalam teori umum relativitas, kedua massa ini disatukan dalam suatu sudut pandangan yang lebili tinggi. Massa merupakan suatu ciri tambahan dari benda-benda, yaitu, beberapa massa, yang bergabung dengan cara tertentu merupakan massa total menurut hukum-hukum tambahan normal. Teori relativitas memperlihatkan bahwa massa suatu benda tergantung pada kecepatannya.

3. Dari sudut pandangan sosiologis, massa merupakan suatu kelompok orang dalam jumlah besar, yang bcrsatu karena keadaan khusus, perasaan, hasrat dan gagasan yang sama St ring terjadi, keadaan-keadaaan khusus dari massa ini terlalu mengekang perasaan-perasaan pribadi, hasrut-husrat dan gagasan-gagasan ilan manusia individual dan malah dapat memadamkannya (depersonalisasi). Suatu massa sebagai suatu keseluruhan tunduk kepada pengaruh-pengaruh yang beragam yang dipelajari oleh psikologi massa.

Incoming search terms:

  • arti massa
  • pengertian massa
  • suspek masa adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti massa
  • pengertian massa
  • suspek masa adalah