Advertisement

MATEMATIKA

Inggris: mathematics. Latin: mathematica. Dari bahasa Yunani mathematike dari tecbne (seni, mengerti) dan tnantbano, matbesomai (belajar).

Advertisement

Ilmu tentang kumpulan-kumpulan yang di antara unsur-unsurnya terdapat beberapa relasi. Matematika di masa lampau timbul untuk memenuhi keperluan-keperluan praktis. Simula, materi pokok matematika adalah bilangan-bilangan yang sederhana dan gambar- gambar geometris. Situasi ini pada dasarnya berpengaruh sejak abad ke-17 sampai dengan paruh kedua abad ke-19. Matematika berkembang terutama sebagai analisis matematik, yang ditemukan dalam abad ke-17. Matematika seluruhnya direkonstruksi dengan ditemukannya geometri-geometri non-Euclidian dan diciptakannya teori himpunan (set-theory).

Walhasil, muncul cabang-cabang matematika baru. Logika matematik mendapat arti penting dalam matematika modern. Metode-metode matematik digunakan secara luas dalam ilmu alam. Sampai sekarang aplikasi matematika dalam biologi dan ilmu-ilmu sosial sungguh-sungguh bersifat aksidental. Perkembangan dari cabang-cabang seperti rancangan linear, teori permainan, teori informasi dipengaruhi langsung dari praktek. Dan muncuinya komputer telah membuka prospek-prospek yang sama sekali baru. Masalah-masalah filosofis matematika, asal-usul abstraksi matematika dan kekhususannya, selalu menjadi arena sengketa antara materialisme dan idealisme. Yang mempunyai arti penting adalah masalah-masalah filosofis yang muncul dalam abad ke-20 dalam kaitan masalah-masalah landasan dalam matematika.

Incoming search terms:

  • arti matema

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti matema