Advertisement

MEKANIKA KUANTUM

Inggris: quantum mechanics.

Advertisement

Mekanika kuantum adalah cabang fisika yang mcmpelajari fenomen-fenomen mikrokosmos. Ilmu ini dimulai, dikembangkar dan ditafsirkan oleh Max Planck, Broglii h, Bohr, Heisenberg, dar lain-lain. Para ilmuwan Soviet seperti: Vavilov, V.A. Fok, I.E Tamm, L.D. Landau, D.I. Blokhintsev, dan lainnya, memberikar sumbangan (Tenting bagi pengembangan dan penafsiran ilmial masalah fisika dan filosofis dari mekanika kuantum ini.

Pengertian

Ilmu alam yang berbicara tentang molekul-molekul, atom-aton dan partikel-partikel elementer disebut mekanika kuantum. Karena, di sini konstanta alamiah dari kuantum tindakan Mai Planck memainkan peranan menentukan. Dalam mekanika kuan turn yang lebih tua (1900- 1925), para ahli fisika mengandaikai bahwa dalam alam molekul dan atom, selain apa yang sudah di ketahui sebagai hukum-hukum fisika “klasik”, “kondisi-kondis kuantum” tambahan bersifat normatif. Dari perspektif filsafat alam, kondisi-kondisi kuantum ini sering dipikirkan sebagai akibat dari prinsip totalitas yang melekat dalam atom-atom dan molekul molekul.

Namun, sejak tahun 1926 sudah diketahui bahwa kondisi kondisi kuantum ini hanya mewakili hal-hal khusus menyangkui hakikat ganda (double nature) dari partikel-partikel elementer. atom-atom, dan molekul-molekul. Setiap satu dari unsur-unsur ini, dengan tergantung pada perangkat eksperimen (eksperimen ini dipakai untuk mengamati setiap satu dari struktur-struktur ini), pada saat tertentu harus diiukiskan sebagai partikel koi puskular yang dilokalisir dalam ruang; dan pada saat lain, sen a melalui perangkat eksperimen lain, harus diartikan sebagai gelombang yang membentang luas.

Analisis yang lebih eksak tentang situasi ini menjurus kepad.i kesimpulan berikut: dalam suatu struktur mekanika kuantum se lalu terdapat ukuran-ukuran. Ukuran-ukuran ini sama sekali ti dak terbuka kepada prediksi tertentu. Misalnya, prediksi tentang saat yang tepat pembelahan atom radio-aktif. Kalau kita memproyeksikan ukuran posisi atau momentum ( = hasil dari massa dan kecepatan) dari suatu partikel elementer, dan kalau kita menandai batas-batas kekeliruan dengan ^ q atau ^ p; dan ramalan/prediksi hasil ukuran-posisi atau ukuran-momentum tunduk kepada ~ q atau ^ p, maka relasi ketidakpastian (uncertainty relation) dari Heisenberg sah: q.p > h (h = kuantum tindakan).

Namun, ihwal tidak dapat diprediksikan ini hampir tidak da pat ditafsirkan sebagai ungkapan dari alam indeterminasi dalam alam yang real, objektif (“real” dipahami dalam pengertian realisme epistemologis). Karena, tafsiran semacam ini dapat dirujuk dengan evidensi mekanika kuantum tertentu hanya dengan hipotesis-hipo tesis tambahan dan sebaliknya tidak berdasar. Dengan demikian, hakikat ganda dari partikel-partikel elementer tampaknya menunjukkan bahwa, dalam kasus objek-objek ini, hakikat ganda merupakan soal struktur-struktur non-spasial dan non-temporal. Dan struktur-struktur ini hanya dapat diiukiskan secara tidak memadai dengan gambaran-gambaran spasio-temporal dari suatu partikel atau gelombang korpuskular.

Peranan Penyelidik

Mekanika kuantum memperjelas bahwa seorang penyelidik tidak dapat mempunyai pengetahuan memadai mengenai suatu sistem objek-objek yang saling berinteraksi tanpa suatu campur tangan di dalamnya.

Walaupun dalam kondisi-kondisi baru prinsip dasar interaksi manusia dengan dunia luar  yakni bahwa objek adaiah primer dan subjek adaiah sekunder tetap sah, namun kedua-duanya berkaitan lebih erat. Polernik-poleinik tajam yang berkembang seputar isu-isu filosofis ini, dalam tingkat tertentu, berhubungan dengan pandangan-pandangan yang diungkapkan oleh para pendukung aliran Kopenhagen. Polemik-polemik ini menjadi objek dari pelbagai spekulasi non-ilmiah, khususnya spekulasi positivistis, teristimewa pada awal lahirnya mekanika kuantum.

Incoming search terms:

  • arti mekanika kuantum
  • pengertian kinetika kuantum
  • defenisi para ahli tentang mekanik kuantum

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti mekanika kuantum
  • pengertian kinetika kuantum
  • defenisi para ahli tentang mekanik kuantum