Advertisement

MEKANISME

Inggris: mechanism. Dari bahasa Yunani mechane (instrumen, mesin pengangkat beban, perangkat, peralatan untuk membuat sesuatu) dari mechos (sarana, cara menjalankan sesuatu).

Advertisement

1. Pandangan bahwa interaksi bagian-bagian dengan bagian-bagian lainnya dalam suatu keseluruhan (atau sistem) secara tanpa disengaja menghasilkan kegiatan dan/atau lungsi-fungsi sesuai dengan tujuan. Keseluruhan tidak berada sebelum bagian- bagian tersebut, pun tidak menyebabkan adanya bagian-bagiar tersebut, tetapi semata-mata merupakan jumlah seluruh bagiar yang berinteraksi (secara kuantitatif dan secara perseptual).

2. Teori bahwa semua gejala dapat dijelaskan dengan prinsip- prinsip yang dapat digunakan untuk menjelaskan mesin-mesir (sistem-sistem mekanis) tanpa bantuan inteligensi sebagai suati sebab atau prinsip kerja. Lawannya: vitalisme dan teleologi.

3. Teori bahwa semua gejala (alam, biologis, psikologis) bersifat fisik dan dapat dijelaskan dalam kaitan dengan perubahan-perubahan material (materi yang sedang bergerak). Lawannya: organisme; supernaturalisme.

4. Lebih jauh dapat dikatakan, mekanisme adaiah upaya memberikan penjelasan mekanis (yakni dengan gerak setempat dari bagian-bagian yang secara intrinsik tidak dapat berubah) bagi struktur internal benda-benda alam dan bagi seluruh alam.

 

Beberapa Bentuk

1. Bentuk mekanisme tertua dijumpai dalam atomisme para filsuf Yunani (Leukippos, Demokritos). Menurut mereka, benda-benda tersusun dari bagian-bagian (atom-atom) kecil yang tidak dapat berubah yang dibedakan satu dari yang lain menurut ukuran, bentuk dan posisi. Perubahan terjadi hanya sebagai akibat gerak setempat di mana atom-atom saling mempengaruhi dan disebabkan bentuknya. Oleh karena itu, atom-atom itu dapat bersatu untuk membentuk benda-benda yang lebih besar atau lebih kecil. Dalam proses ini segala sesuatu terjadi menurut keharusan buta, sedemikian rupa sehingga seluruh finalitas diabaikan.

2. Di antara bentuk-bentuk mekanisme kemudian, Descartes dan Cartesianisme mempertahankan pokok-pokok utama mekanisme umum. Hanya ada jumlah dan bilangan serta gerak setempat. Tidak ada kekuatan lain daripada yang mekanis, yakni, kekuatan-kekuatan yang menimbulkan gerak. Tidak ada finalitas. Descartes memperluas penjelasannya bahkan sampai mencakup kehidupan tanaman dan binatang. Karena itu dia memandang binatang semata-mata sebagai otomaton-otomaton tanpa kesadaran. Tetapi mekanisme tidak menjadi materialisme sebelum ia menjelaskan kehidupan sadar secara mekanistis dan karenanya menyangkal bahwa jiwa dan roh berbeda secara hakiki dari tubuh.

3. Bentuk khusus mekanisme adaiah apa yang disebut teori mesin kehidupan (machine theory of life). Menurut pandangan ini, suatu organisme hanya merupakan sebuah mesin atau sistem materi yang teratur tanpa penyandang substansial dari keseluruhan dan finalitas batin, yakni, tanpa prinsip kehidupan substansial. Tetapi teori mesin tidak secara mutlak mereduksikan semua kehidupan pada kekuatan-kekuatan mekanis belaka dan teori mesin tidak mutlak menyangkal semua finalitas (eksternal).

Teori mesin pada umumnya menganggap bentuk materi yang terorganisir sebagai sesuatu yang sudah ada sejak awal yang selalu ada bersama dengan materi yang tidak terorganisir.

Teori Mesin Kebidupan dibantah oleh para penganjur vitalisme. Dalam bidang materi inorganis mekanisme ditemukan masih kurang, setidak-tidaknya dalam hubungan dengan hasil-hasil fisika atom modern. Kalau, misalnya, sepasang elektron dapat dihasilkan dari kuantum cahaya, dalam hal ini penjelasan me- kanistis ditinggalkan, karena kuantum cahaya tidak dapat di- pikirkan sebagai tersusun dari dua elektron.

 

Sejarah Munculnya

Ditinjau dari sejarah, muncul dan berkembangnya mekanisme bertalian dengan prestasi-prestasi yang dicapai ilmu mekanika klasik abad ke-17 dan ke-18 (Galileo Galilei, Newton, dan lain- lain). Mekanika klasik menguraikan dan memperkembangkan ga- gasan khusus tentang materi, gerak, ruang dan waktu. Gagasan- gagasan ini, sebagaimana mekanisme secara keseluruhan, memain- kan peranan positif dalam perkembangan ilmu dan filsafat di samping sifatnya yang terbatas yang dikondisikan oleh tingkat ilmu alam abad ke-17 dan ke-18. Gagasan-gagasan itu menyediakan pemahaman ilmiah-natural tentang banyak gejala ilamiah dan mengurangi interpret asi mitologis dan religius-skolastik terhadapnya.

Kcmajuan ilmu berikutnya menyingkapkan keterbatasan-keter- batasan mekanisme. Usaha-usaha menjelaskan gejala-gejala elektromagnetis, kimiawi, biologis dan bahkan gejala-gejala sosial, dari sudut pandangan ilmu mekanika, cenderung gagal. Prestasi-prestasi yang diraih ilmu alam dalam abad ke-19 dan ke-20 menghan- curkan gambaran dunia mekanistis dan terus menerus menuntut suatu penjelasan materialis dialektis yang baru mengenai proses- proses alami dan sosial

Incoming search terms:

  • pengertian mekanisme
  • arti mekanisme
  • Apa itu mekanisme
  • mekanisme adalah
  • definisi mekanisme
  • pengertian mekanis
  • apa yang dimaksud dengan mekanisme
  • Apa arti mekanisme
  • maksud mekanisme
  • apa yang dimaksud mekanisme

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian mekanisme
  • arti mekanisme
  • Apa itu mekanisme
  • mekanisme adalah
  • definisi mekanisme
  • pengertian mekanis
  • apa yang dimaksud dengan mekanisme
  • Apa arti mekanisme
  • maksud mekanisme
  • apa yang dimaksud mekanisme