Advertisement

MELIORISME

Inggris: meliorism. Dari bahasa Latin melior (lebih baik), meliorare, melioratum (membuat lebih baik).

Advertisement

1. Pandangan atau ajaran bahwa kecenderungan alami dari dunia ini menuju kemajuan dan bahwa usaha manusia dapat membantu proses ini.

2. Versi kuat: keyakinan a) bahwa dunia cenderung semakin lebih baik (lebih harmonis, lebih kreatif, lebih sempurna) dan b) bahwa manusia (1) harus mengidentikkan dirinya sebagai mitra kerja dalam kecenderungan kreatif ini, dan/atau (2) merupakan bagian dari pertumbuhan ini dalam hal nilai-nilai dan kemajuan.

3. Versi lemah: di dunia ini ada kejahatan dan kebaikan, dan akan terdapat lebih banyak kebaikan daripada kejahatan. Amat boleh jadi bahwa evolusi cenderung ke arah lebih baik daripada apa yang ada sekarang. Umat manusia dapat memberikan bantuannya dalam perkembangan ke arah yang lebih baik ini. Kalau tidak demikian, bagi beberapa pengikut paharn ini, alam semesta akan melakukannya sendiri.

4. Ajaran bahwa manusia, meskipun tidak bisa menjadi sempurna, mampu memperpanjang seri atau rangkaian kemajuan. Ini berlaku baik bagi manusia perseorangan maupun ras manusia. Sulit ditentukan tempat doktrin ini dalam sejarah filsafat. Ia berhubungan dengan ajaran tentang kedapatsempurnaan ma-nusia, dan adakalanya digunakan untuk mencirikan para filsuf pragmatik, misalnya William James.

5. Dalam teologi: keyakinan yang lebih menekankan kemaha- rahiman Tuhan daripada kemahakuasaan-Nya. Manusia harus bekerja sama dengan kekuatan-kekuatan Tuhan dalam me ciptakan alam semesta di mana kejahatannya semakin berkurang dan kebaikannya kian bertambah.

Incoming search terms:

  • maksud alan meliorisme
  • meliorism arti

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • maksud alan meliorisme
  • meliorism arti