Advertisement

METAFILSAFAT

Istilah ini berasal dari pembedaan antara bahasa dan metabahasa yang dalam filsafat kontemporer telah menggantikan dalam banyak hal pembedaan fisika-metafisika. Tetapi cara ini tidak menyelesaikan soal.

Advertisement

1. Dalam kerangka materi pokok, Metafisika merupakan pembahasan tentang hakikat filsafat, termasuk tentu saja hakikat cabang-cabangnya: Logika, Etika, Estetika, Epistemologi, dan lain sebagainya.

2. Bagi mereka yang masih menganut pandangan bahwa disiplin Metafisika adalah mungkin, metafilsafat merupakan suatu objek di dalam Metafisika. Alasannya, sejauh orang memisahkan Metafilsafat sebagai studi hakikat filsafat dari filsafat itu sendiri, sejauh itu pula pertanyaan tentang regresi yang tak terbatas dari disiplin-disiplin macam ini mesti diajukan. Mungkin ia mengemukakan bahwa bila sang ilmuwan merefleksikan hakikat ilmunya, ia berbuat begitu sebagai seorang filsuf ilmu. Tetapi, bagi banyak filsuf bila sang filsuf merefleksikan hakikat filsafat ia tetap berada pada bidangnya. Bagi filsafat, mengacu kepada diri sendiri bukanlah suatu lingkaran setan.

3. Dari sudut pandang metabahasa, bila sang ilmuwan merefleksikan hakikat ilmu, ia berbuat demikian sabagai seorang metailmuwan, dan dengan suatu metabahasa yang dirancang untuk maksud ini. Demikian juga, metafilsafat merupakan studi tentang filsafat dengan suatu metabahasa yang cocok dengan studi itu.

Advertisement