Advertisement

METAFISIKA

Inggris: metaphysics. Latin: metaphysica dari Yunani meta ta physic a (sesudah fisika); dari meta (setelah, melebihi) dan physikos (menyangkut alam) atau physis (alam).

Advertisement

Istilah

1. Asal-usul kata metafisika tidak tentu. Aristoteles tidak menggunakan istilah itu, kendati ada suatu kompilasi dari karya- karyanya yang disebut metafisika. Tidak ada persetujuan umum tentang bagaimana mendefinisikan metafisika.

2. Nama metafisika muncul pertama kali dalam arti sekarang dalam karya filsuf Neo-Platonis, Simplicius. Ilmu yang dilukiskan oleh istilah ini sudah dimulai secara sistematis dalam abad ke-4 sebelum Masehi oleh Aristoteles. Metafisika bergelut dengan yang “metafisis”, dengan apa yang melampaui yang fisis. Namun, “fisis” di sini sama sekali tidak mengartikan hal yang sama bagi orang Yunani sebagaimana diartikan oleh ahli-ahli fisika modern. Karena, “fisis” berarti seluruh dunia pengalaman ragawi sejauh ia tunduk kepada alam. Yakni, ia tunduk pada proses menjadi atau “dilahirkan” dengan cara tertentu. Karenanya, disebut “metafisis” apa yang secara hakiki tidak dapat dialami pancaindera, tidak dapat berubah dan sedikit banyak rohani. Tetapi yang disebut “metafisis” bukan tidak dapat diketahui, sebagaimana dikukuhkan Nicolai Hartmann.

3. Istilah yang berarti “sesudah fisika” ini datang dari pandangan suatu buku yang tak berjudul karya Aristoteles dalam pengklasifikasian karya-karyanya yang dibuat oleh Andronikos dari Rhodi. Jadi istilah ini berarti “buku sesuadah fisika”.

Incoming search terms:

  • arti metafisika
  • pengertian dari metafisika
  • Pngertian metafisika

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti metafisika
  • pengertian dari metafisika
  • Pngertian metafisika