Advertisement

MITOS (MITE)

Inggris: myth; dari Yunani mytbos (mitos, mite, fabula, hikayat legenda, percakapan, ucapan, pembicaraan) mytheomai = (menceritakan, menghubungkan).

Advertisement

1. Mitos mempunyai arti asli, yaitu kisah, hikayat dari zamar purbakala (mitos-mitos tentang para pahlawan dan para dewa)

2. gambaran atau perumptan yang menjelaskan kehidupan insan dan dunia (seperti mitos-mitos Plato).

3. Yang sangat berpengaruh atas kehidupan dan kebudayaar bangsa-bangsa adalah mitos yang dianggap sebagai pandangar. hidup atau Weltanschauung yang incuitif, imajiner, yang lazimnya dipersonifikasikan. Di sini yang imajiner bukan sekadar alegori eksternal bagi tatanan konseptual. Yang imajiner membentuk suatu kesatuan primer, tidak terbagi dengan tatanan konseptual, yang dialami secara khusus sebagai kenyataan itu sendiri oleh orang-orang primitif.

4. Mitos dapat juga dikatakan sebagai cerita yang asal-usulnya sudah dilupakan. Ia menyajikan sejarah pemikiran yang tidak ilmiah dari seorang yang menjelaskan dalam bentuk antropomorfis serta animistik hal-hal seperti: penciptaan alam semesta (kosmogoni); struktur alam semesta (kosmologi), sumber dan hakikat gejala-gejala alam dan manusia (kebanggaan, kecemburuan, dosa, pohon-pohon, sungai-sungai, dan sebagainya). Ia mengungkapkan peristiwa-peristiwa yang menyangkut orang- orang penting dalam masyarakat dan yang mempunyai kesadaran sosial. Ia menyatakan dan menguatkan, dengan cara-cara ritual dan cara-cara lain, ikatan-ikatan sosial, adat-istiadat, dan ikatan-ikatan budaya dari seorang pribadi.

5. Penafsiran modern yang simpatik tentang mitos-mitos tidak memandangnya sebagai benar atau salah, tetapi sebagai memiliki insight (pemahaman) puitis tentang realitas. (Sejauh mitos demikian, sejauh itu ia dapat disebut sebagai mitos yang baik, relevan, atau tepat.) Juga, mitos-mitos dipandang sebagai me¬nyatakan simbolisme arketipe yang terus menerus berulang di¬sebabkan ketidaksadaran kolektif umat manusia.

Menurut beberapa pandangan modern mengenai soal ini, mitos merupakan akumulasi gambaran-gambaran paralel akumulasi yang bertumbuh dalam ketidaksadaran yang di dalamnya aspek-aspek tertentu eksistensi manusia mendapatkan ungkapannya secara simbolis. Mitos tidak banyak membantu untuk menjelaskan kenyataan. Ia lebih banyak membantu untuk menguasai kenyataan secara rohani dan untuk membangun hubungan yang hidup dengan kenyataan.

6. Maka, mitos berarti suatu cerita yang dianggap benar, tetapi tidak diakui sebagai benar. Pemaparan kisah-kisah dramatis tentang kekuatan-kekuatan adimanusiawi menyediakan penjelasan-penjelasan pertama tentang asal dan bekerjanya alam semesta. Mitos ada sedikit hubungan dengan metafora, dan dapat dianggap sebagai alegori. Dalam sejarah filsafat terdapat sejumlah hubungan yang berbeda antara mitos dan filsafat.

Incoming search terms:

  • arti mynte
  • pengertian mite

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti mynte
  • pengertian mite