Advertisement

MODUS

Inggris: mock dari modulate; Lat: modular, mod ulat m — dari modus, (peri, cara, laku, ragam).

Advertisement

Beberapa Pengertian

1. Istilah filosofis yang menunjukkan sifat khusus yang dimiliki objek yang tersirat di dalam obyek itu dalam keadaan tertentu saja, dan berbeda dari atribut.

2. Modus juga didefinisikan sebagai segila sifat substansi yang tidak mutlak perlu dan yang dapat berubah

3. Dalam filsafat Spinoza Modus menyatakan pluralitas benda- benda yang tiada akhir dan sifut-sifatnya yang sementara, di mana substansi material yang tunggal, abadi dan tak berhingga dinyatakan.

4. Modus merupakan suatu istilah untuk menunjukkan bentuk hubungan keterangan (predikat) dengan subjek. Dalam arti sempit menurut Petrus Hispani, Modus dimaksudkan untuk determinasi yang tidak langsung termuat dalam suatu definisi sebuah istilah (summulae logicales).

5. Dalam kamus skolastik, istilah ini mempunyai arti ontologis, sejauh merupakan ekspresi determinasi kedua (sekunder), atau determinasi yang aksidental, dari substansi.

6. Thomas Aquinas membedakan empat macam modus dar yang-ada: yang-ada dalam pikiran, yang-ada sebagai Subjek. Menjadi, berkembang, Ada pada yang lain (kualitas dan kuantitas), Ada di dalam dirinya dan untuk dirinya (substansi).

 

Advertisement