Advertisement

PRINSIP

Inggris: principle. Dalam bahasa Latin principitim, dari primus (pertama), dan capere (mengambil, menangkap).

Advertisement

Beberapa Pengertian

1. Sumber atau asal usul sesuatu.

2. Sebab yang paling dasar dari sesuatu.

3. Suatu kemampuan atau anugerah asli. Dalam ketiga arti yang pertama ini, suatu prinsip biasanya dipikirkan sebagai pembawaan lahir, bersifat imanen, dan ditemukan sebagai pelaku dalarr sejumlah hal.

4. Peraturan atau dasar bagi tindakan seseorang.

5. Suatu pernyataan umum (hukum, peraturan, atau kebenaran) yang berfungsi sebagai dasar untuk menjelaskan gejala-gejala Dalam 4 dan 5, kata-kata peraturan dan hukum sering digunakan sebagai ganti kata prinsip.

6. Unsur dasar, Ide pembimbing, aturan dasar bertingkah laku.

Dalam Sejarah Filsafat

Dalam filsafat kuno awal air, api, udara, tanah, dan sebagainya, dianggap sebagai unsur-unsur pertama. Prinsip dianggap sebagai ungkapan dari keniscayaan, keharusan atau sebagai hukum fenomen-fenomen. Secara logis, prinsip merupakan konsep pokok, dasar dari sebuah sistem dan merupakan generalisasi dan ekstensi dari suatu pernyataan bagi semua fenomen dalam bidang dari mana prinsip itu ditarik.

Prinsip-prinsip pertama adalah prinsip-prinsip yang dalam tatanannya tidak berasal dari prinsip-prinsip lainnya. Tetapi ini tidak mengecualikan bahwa prinsip-prinsip itu ada kemungkinan mempunyai prinsip-prinsip tatanan lainnya yang lebih tinggi, Konsep prinsip lebih luas daripada konsep sebab atau unsur. Konsep sebab memuat perbedaan eksistensi dan ketergantungan hal yang disebabkan pada sesuatu yang menjadi sebab. Konsep unsur memuat pemahaman bahwa unsur itu masuk ke dalam keseluruhan sebagai bagian dasar. Konsep prinsip tidak memuat dan tidak mengecualikan determinasi-determinasi ini.

Incoming search terms:

  • Prinsip adalah
  • arti prinsip
  • definisi prinsip
  • pengertian prinsip

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Prinsip adalah
  • arti prinsip
  • definisi prinsip
  • pengertian prinsip