PENGERTIAN – ARTI PRIVASI

133 views

PRIVASI

Inggris: privation; dari Latin privat ia dari privare (merampas).

Beberapa Pengertian

1. Negasi/atau penolakan.

2. Keadaan tidak ada. Tidak ada/tidak hadir.

3. Privasi secara umum berarti tidak adanya suatu keadaan atau suatu ciri/atribut yang mampu dimiliki suatu hal dan yang seharusnya dimiliki suatu hal supaya menjadi suatu anggota yang lengkap dari jenisnya sendiri (misalnya, kebutaan yang dialami seorang manusia).

4. Karena itu privasi tidak semata-mata menandakan penyangkalan terhadap seluruh eksistensi. Akan tetapi privasi selalu mengandaikan suatu subjek yang tidak memiliki segala sesuatu yang seyogianya ia miliki berdasarkan hakikatnya. Kalau tidak adanya kesempurnaan ini dipandang dari sudut kebaikan, lalu hal itu disebut kejahatan. Privasi tidak merupakan sesuatu yang real itu sendiri, tetapi ia sesungguhnya menandakan keadaan rea. secara objektif.

Privasi dalam filsafat Aristoteles

1. Tidak adanya bentuk di mana bentuk itu dapat (atau) seharusnya ada.

2. Tidak adanya ciri yang biasanya dimiliki dan mampu dimiliki, serta harus dimiliki suatu hal.

3. Dalam filsafat alam Aristoteles (hylemorfismt) privasi dipahami sebagai prinsip menjadi. Benda, yang prinsip-prinsipnya adalah materi dan forma (bentuk) merupakan titik tolak perubahan bentuk (formal), di bawah pengaruh sebab efisien, ia masuk ke dalam suatu keadaan privasi yang berkaitan dengan suatu bentuk lain dari satu bentuk yang sesungguhnya ia miliki. Dengan perkataan lain, bila aksiden-aksidennya sudah berubah dikarenakan sebab efisien sedemikian rupa sehingga materinya tidak lagi mendukung forma (bentuk) yang sebelumnya dan menuntut bentuk lainnya, suatu bentuk hakiki yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *