PENGERTIAN – ARTI PROBLEM/MASALAH

534 views

PROBLEM/MASALAH

Inggris: problem. Dalam bahasa Latin problema, dari Yunani: problema.

Beberapa Pengertian

1. Tidak setiap soal atau pertanyaan disebut problem (masalah), tetapi hanya soal yang tidak dapat dijawab dengan mudah karena kesulitan yang cerkandung di dalamnya. Menentukan problem (masalah) secara tepat memiliki arti penting bagi kemajuan ilmu, khususnya bagi filsafat. Pernyataan mengenai masalah tersebut harus didasarkan pada evidensi tertentu atau pada apa yang sudah diketahui melalui penyelidikan yang cermat. Dari titik yang menguntungkan ini pernyataan itu kemudian dapat menimbulkan, soal-soal atau pertanyaan-pertanyaan yang datang dari ketidakjelasan yang berkelanjutan yang berkaitan dengan objek tersebut. Selain dari menentukan soal atau pertanyaan secara tepat, rumusan metodis tentang suatt masalah menuntut agar alasan-alasan pro maupun kontra aporien, dilukiskan secara jelas. Di masa lampau Aristotele; menekankan (pada permulaan Buku III dari Metaphysics) sangai pentingnya “kebimbangan” yang tepat ini terhadap setiap pe nyelidikan ilmiah.

2. Sebagaimana suatu soal atau pertanyaan yang tepat tentang masalah merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi penyelidikan ilmiah, demikian juga, secara berlawanan, suatu soal atau pertanyaan yang salah tentang masalah, mendorong kepada kebingungan/kekacauan. Hal-hal yang sangat tidak sulit ialah masalah-masalah yang jelas. Masalah-masalah ini di bawah permukaan kata-kata yang bergema keras, menguakkan pertanyaan atau soal yang dapat dipecahkan dengan mudah segera sesudah mereka diketahui secara jelas, karena jawabannya jelas-sendiri atau karena soal-soal itu sendiri tidak bermakna. Yang lebih serius ialah soal-soal atau pertanyaan-pertanyaan yang salah tentang suatu masalah yang tampil secara diam- diam atas dasar suatu pengandaian salah dan dengan demikian mengarahkan penyelidikan kepada jalur yang salah.

3. Terdapat masalah-masalah yang sesungguhnya mengandung suatu pernyataan yang mungkin tentang suatu soal atau pertanyaan. Tetapi masalah-masalah itu masih belum bermanfaat entah karena pemecahannya secara mendasar melampaui kemampuan manusia atau pun karena persiapan ilmiah sangat perlu masih belum ada atau karena pemecahan itu, malah kalau itu mungkin, tidak berharga sebagai suatu upaya disebabkan artinya yang begitu kecil.

Problematik Maksudnya:

1. Meragukan.

2. Tidak pasti.

3. Mungkin.

4. Mentak (probable).

Incoming search terms:

  • pengertian problem
  • arti problem
  • apa arti problem
  • pengertian problema
  • arti problema
  • problem artinya
  • definisi problem
  • arti kata problema
  • arti kata problem
  • arti dari problem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *