Advertisement

RASIONAL

Inggris: rational. Latin: rationalis (masuk akal) dari ratio (akalbudi).

Advertisement

Beberapa Pengertian

1. Secara umum, rasional menunjukkan modus atau cara pengetahuan diskursif, konseptual yang khas manusiawi. Jadi, rasional tidak sama dengan “intelektual”. Tidak semua pengetahuan intelektual harus terdapat dalam konsep-konsep. Pemahaman akan keindahan, misalnya, tidak bersifat diskursif. Cara mengetahui yang sesuai dengan mistisisme, sama sekali tidak konseptual, tetapi tetap intelektual. Bahkan kesadaran seseorang akan kegiatan mentalnya sendiri adalah intelektual, tetapi tidak perlu terikat pada konsep-konsep.

2. Dalam arti khusus, rasional berarti: konklusif, logis, metodik Ilmu pengetahuan rasional merupakan ilmu yang bersifat deduktif atau reduktif (yakni berasal dari prinsip-prinsip atau dengan mereduksi yang ada kepada prinsip-prinsip). Bilangan rasional merupakan sesuatu yang dapat dinyatakan dengan hubungan antara dua bilangan secara keseluruhan.

3. Rasional juga berarti mengandung atau mempunyai rasio atau dicirikan oleh rasio; dapat dipahami; cocok dengan rasio; dapat dimengerti, ditangkap, masuk akal; melekat pada (berhubungan dengan) sifat-sifat pemikiran seperti konsistensi, koherensi, kesederhanaan, keabstrakan, kelengkapan, teratur, struktur logis.

Advertisement