PENGERTIAN – ARTI REFERENSI

137 views

REFERENSI

Inggris: reference, dari Latin re (kembali) ferre (membawa, menanggung, memikul).

Pengertian Umum

1. Hubungan dengan sesuatu.

2. Referen. Apa yang dihubungkan dengan.

3. Penunjukan. Apa yang ditunjukkan atau diartikan oleh suatu kata.

Teori Referensi

Dalam filsafat kontemporer terdapat sebuah bidang baru yang disebut teori referensi. Suatu bidang filsafat kontemporer yang menyangkut problem denotasi, atau bagaimana perkataan dan ungkapan mengacu sesuatu.

Pandangan Beberapa Filsuf

1. Meinong berkata bahwa entitas-entitas yang non-eksisten, misalnya, gunung emas dan persegi bulat, merupakan objek-objek, sekalipun mereka tidak mempunyai keberadaan. Kalau tidak, ungkapan “gunung emas” dan “persegi bulat” tidak mempunyai referensi. Menurut Meinong, gunung emas itu tidak lain adalah suatu objek yang tidak lengkap dan persegi bulat merupakan objek yang mustahil.

2. Frege menghindari alternatif ini dengan membedakan antara makna suatu istilah dan referensinya.

3. Russel mengejar tujuan yang sama seperti Frege dengan teori deskripsi definit-nya. Karena ia yakin bahwa semua pernyataan tentang “anu”, di mana yang anu tidak bereksistensi, adalah salah, maka ada tuntutan untuk menghapuskan deskripsi-deskripsi yang definit (pasti, tertentu). Russell berkeinginan menerjemahkan deskripsi-deskripsi macam ini ke dalam pernyataan-pernyataan lain yang tidak perlu mempunyai acuan kepada apa pun yang tidak ada.

4. Strawson mengatakan bahwa keinginan (atau gebrakan) Russell menyangkut deskripsi-deskripsi definit lebih radikal daripada yang diperlukan. Karena deskripsi-deskripsi definit tidak benar dan tidak salah, maka sebenarnya tidak ada soal yang memerlukan teori Russell.

Incoming search terms:

  • pengertian referensi
  • arti referensi
  • arti refrensi
  • pengertian refrensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *