PENGERTIAN – ARTI SENSA

11 views

SENSA

Dari Latin: sensa bentuk jamak dari sensum.

Beberapa Pengertian

1. Isi kesadaran kita yang bersifat pribadi dan langsung, seperti bau, warna, bentuk, bunyi, ciri yang dapat diraba.

2. Isi persepsi kita yang bersifat pribadi, langsung dan diberikan secara langsung. Padanya dan darinya persepsi kita yang lainnya didasarkan dan dibentuk.

3. Objek pengindraan atau pencerapan kita yang bersifat pribadi, segera, dan yang diberikan secara langsung.

Sensa (atau data indrawi) biasanya dibedakan dari objek- objek fisik luar, dan berbeda secara numerik dari objek-objek fisik. Objek-objek fisik (material) seperti meja, kursi, binatang, tumbuhan dipandang sebagai nyata secara eksternal, dapat dilokalisir dalam ruang dan waktu, dapat diamati secara umum pada saat yang sama oleh lebih dari satu pengamat dan ada dalam ruang yang sama yang ditentukan secara umum. Objek- objek fisik berlangsung terus secara terpisah dari sensa (data indrawi) yang berkaitan dengan objek-objek itu, dan berlangsung terus selama proses perubahan sensa itu.

Sensa bisa atau tidak bisa dianggap disebabkan oleh sumber- sumber luar. Sensa bisa atau tidak bisa dianggap serupa dengan objek-objek fisik yang menyebabkan sensa itu atau yang berkaitan dengannya. Sensa secara umum dipandang sebagai sementara, yang berlangsung hanya pada saat diindrai, dicerap. Sensa tidak dapat menghasilkan akibat atas hal-hal lain, pun pula sama sekali tidak dapat bertindak atas hal-hal itu. Sensa bersifat pasti, tidak dapat diragukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *