TANDA (SIGN)

Beberapa Pengertian

1. Apa saja yang menggantikan sesuatu lainnya. Tanda ialah segala sesuatu yang sebagai sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya menuju kepada pengetahuan tentang sesuatu yang lain.

2. Apa saja yang mewakili (menggantikan, menandakan, menunjukkan) objek (atau relasi atau aktivitas) kepada seseorang yang memahaminya atau menanggapinya. Tanda ialah objek material, tindakan atau peristiwa, yang dapat diamati secara indrawi. Hal-hal ini menunjukkan atau mewakili objek lain, tindakan atau pembentukan subjektif dalam proses kognisi. Agar tanda mampu melaksanakan tugasnya, harus ada suatu hubungan yang dapat diketahui antara tanda dan realitas yang ditandakan. Kalau hubungan ini diberikan oleh alam itu sendiri, kita mempunyai tanda alamiah. Misalnya, tangisan bayi sebagai ungkapannya rasa sakit. Namun, kalau hubungan itu ditentukan manusia sesukanya, kita mempunyai tanda konvensional. Bahasa dan tulisan dalam bentuk yang maju termasuk dalam ka- tagori terakhir ini. Simbol berdiri kurang lebih di tengah antara dua kelompok tanda-tanda.

Pandangan Beberapa Filsuf

1. William Ockham membedakan antara tanda-tanda konvensional, perkataan individual yang diucapkan atau tertulis dan tanda- tanda natural, yang artinya berpautan dengan efek objek-objek pada kita.

2. Pembedaan ini dipakai pula oleh Reid. Ia ini membedakan antara tanda-tanda natural dan artifisial.

3. Condillac membagi tanda-tanda ke dalam tipe-tipe aksidental, natural, dan konvensional.

4. Peirce membagi tanda-tanda ke dalam tiga kelas dasar (dan banyak subkelas lainnya): ikon, indeks, dan simbol. Ikon mengandung maknanya yang khas di dalam dirinya sendiri. Indeks minta perhatian. Simbol mempunyai konotasi berdasarkan kesepakatan.

Sifat Tanda

Sesuai dengan tujuan, tanda-tanda bisa bersifat komunikatif atau juga representatif. Ini tergantung apakah tanda itu semata-mata menunjuk pada sesuatu (seperti sebuah jam menunjukkan waktu) atau sedikit banyak juga menggantikan hal yang ditandakan. Misalnya, kunci-kunci kota yang dalam zaman kuno diserahkan kepada penakluk sebagai tanda pemindahan kekuasaan atas kota itu.

 

Kaitan dengan Logika

Dalam kaitan dengan logika simbolik dan upaya-upaya membentuk suatu bahasa yang tepat, dalam dasawarsa-dasawarsa terakhir, teori umum tentang tanda dan simbol sudah maju. Di sini, kita menemukan sejumlah bidang penyelidikan khusus: sintaktika, semantika dan pragmatika. Sintaktika mempelajari hubungan tanda-tanda satu sama lain. Semantika mempelajari hubungan antara tanda dan hal yang ditandakan. Pragmatika merupakan ilmu tentang relasi-relasi antara tanda dan para pemakainya.

 

Pentingnya Tanda

Tanda-tanda memiliki arti sangat penting bagi seluruh kehidupan sosial manusia. Tanpa tanda tidak ada komunikasi, tidak ada bahasa dan karena itu tidak ada kebudayaan. Keharusan menggunakan tanda merupakan konsekuensi dari struktur tubuh-jiwa dari manusia.

Analisis tentang konsep tanda memainkan peran penting dalam filsafat, logika, linguistik, psikologi. Filsuf-filsuf kuno maupun para pemikir abad ke-17 dan ke-18 mencurahkan banyak perhatian terhadap fungsi epistemologis dari tanda. Dalam abad ke-19, linguistik dan matematika memberikan sumbangan kepada ilmu tentang tanda. Semiotika adalah ilmu khusus, di mana subjeknya adalah tanda. Dan ilmu ini terbentuk dalam abad ke-20. Untuk memahami hakikat tanda, sangat penting memperlihatkan situasi sosial tertentu, di mana tanda-tanda ini digunakan. Situasi-situasi tanda ini bertalian erat dengan pembentukan ucapan (bahasa) dan pikiran.

 

Pembagian

Selain dua jenis tanda yang sudah disebut di atas: tanda alamiah dan konvensional, tanda biasanya juga dibagi ke dalam tanda lingustik dan non-lingustik. Yang terakhir ini dibagi lagi ke dalam salinan-tanda, gejala-tanda dan sinyal-tanda. Kaitan tanda dengan proses pengiriman informasi amat penting. Berdasarkan definisi tanda, muncullah ciri tanda yang paling penting. Yakni, tanda adalah objek material tertentu yang berguna untuk menunjukkan sesuatu yang lain. Karena itu, adalah mustahil memahami apa itu tanda tanpa mengerti maknanya, yakni, makna objektif, semantik dan ekspresif. Dalam semiotika, hendaknya kita membedakan antara sintaktika, semantika dan pragmatika.

Incoming search terms:

  • pengertian tanda
  • tanda adalah
  • apa itu tanda
  • definisi tanda
  • pengertian sign
  • Arti tanda :*
  • pengertian tanda tanda
  • arti tanda

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tanda
  • tanda adalah
  • apa itu tanda
  • definisi tanda
  • pengertian sign
  • Arti tanda :*
  • pengertian tanda tanda
  • arti tanda