TEKNOLOGI

Inggris: technology. Teknologi dalam bahasa Yunani techne (seni).

1. Arti pertama adalah pembuatan benda-benda yang dapat diamati secara indrawi untuk melayani kebutuhan atau gagasan. Karena itu, teknologi berarti kemampuan untuk menghasilkan barang-barang kebutuhan dan karya-karya seni.

2. Dengan ini mengambil gagasan di atas itu sebagai pokok, teknologi juga menunjuk pada aspek formal dari pembuatan semacam itu dan pada hukum-hukum yang mengaturnya (misalnya teknologi atau teknik memainkan piano).

3. Teknologi yang dipertentangkan dengan seni merupakan eksploitasi alam untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia. Pekerjaan tangan (atau teknologi manual) sekian lama terbatas pada penggunaan alat-alat tangan (alat-alat kemampuan tubuh; dalam arti lebih sempit: tanpa menambah kekuatan kerja). Ia juga terbatas pada penggunaan apa yang dinamakan mesin- mesin kerja (alat-alat yang digerakkan tangan untuk menambah kekuatan kerja, misalnya parang dan kampak). 4. Teknologi modern (mesin-mesin) telah meningkatkan penggunaan alat-alat yang mempunyai kekuatan dan mesin-mesin (alat- alat yang digerakkan kekuatan-kekuatan alam, misalnya, mesin uap, motor listrik, dan sebagainya). Kemajuan ini dimungkinkan oleh pengetahuan yang meningkat tentang hukum-hukum alam. Karena itu, teknologi dapat didefinisikan sebagai penggunaan sumber-sumber dan kekuatan-kekuatan alam secara metodis berdasarkan pengetahuan tentang alam. Ini bertujuan memper¬hatikan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia.