Teologi Dialektis

Teologi dialektis merupakan cabang teologi Protestan, yang membarui teologi asli para tokoh reformasi. Teologi ini dipaparkan terutama oleh K. Barth, R. Brunner dan F. Gogarten. Sambil mengikuti Luther, teologi dialektis menegaskan ketidaksanggupan total manusia yang jatuh, untuk mengetahui Allah dan untuk melakukan apa yang sebenarnya baik. Rasio tidak dapat mengukuhkan apa-apa mengenai Allah bahkan dalam pengertian analog sekalipun.

Terdapat jurang antara Allah dan dunia sedemikian rupa sehingga tidak mungkin mengetahui apa-apa mengenai Allah berdasarkan hal-hal dari bumi ini. Jurang ini bisa dijembatani oleh Allah berdasarkan kehendak Allah sendiri saja tatkala Dia berbicara kepada manusia dalam wahyu. Dan wahyu ini harus menjadi pembenaran- dirinya sendiri. Mustahil menghasilkan bukti rasional menyangkut faktisitasnya. Objek wahyu dapat ditentukan hanya oleh pernyataan-pernyataan dialektis yang tidak dapat diangkat kepada tingkat ketiga yang lebih tinggi (sebagaimana dalam Hegel), dan juga tidak dapat diselaraskan satu dengan yang lain (sebagaimana dalam skolatisisme). Dalam perkembangannya kemudian, sambil menanggapi banyak kritik, K. Barth memodifikasi kekerasan ajarannya di mana dia mengakui afirmasi-afirmasi tentang iman, yang berdasar pada Allah sendiri.

Teologi dialektis, yang di sini hanya disajikan dari sudut pandang filosofis, tidak melihat lain daripada opisisi antara Allah dan dunia. Dalam analogi yang-ada (analogia entis), yang disebut oleh teologi dialektis sebagai “dosa pusaka” rasio manusia, teologi dialektis mengklaim untuk mencari ajaran yang meletakkan Allah dan dunia pada taraf yang sama. Tetapi dalam analogi ini, teologi dialektis salah mengerti ajaran klasik. Menurut ajaran ini Allah adalah dasar seluruh tatanan eksistensi. Tidak ada predikat, bahkan juga tidak ada eksistensi yang dapat diatributkan kepada Allah dan ciptaan dengan cara yang sama. Dan kita mengetahui cara berada eksistensi ilahi hanya dengan negasi.

 

Incoming search terms:

  • arti teologi

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti teologi