PENGERTIAN ASAL MULA DAN SIFAT NEGARA SOSIALISME – Masyarakat sosialis yang pertama muncul pada tahun 1917, ketika Rusia diguncang Revolusi Bolshevjk dan menjadi Uni Soviet. Masyarakat-masyarakat sosialis lain lahir segera setelah itu. Yugoslavia menjadi sosialis karena revolusi pada tahun 1945. Antara tahun 1945 dan 1948 Polandia, Jerman Timur, Cekoslovakia, Hongaria, Rumania, dan Bulgaria berubah menjadi masyarakat sosialis melalui pendudukan militer Soviet (Chirot, 1986).

Masyarakat-masyarakat ini mungkin paling tepat disebut negara sosialis karena peran kuat yang dimainkan pemerintah dalam mengatur ekonomi. Di dalam negara sosialis, contoh klasiknya ialah Uni Soviet, pemilikan pribadi hampir-hampir ditiadakan, kecuali barang-barang konsumsi. Jadi seseorang hanya dapat memiliki satu rumah, satu mobil, atau lemari pakaian pribadi (sebagai contoh kekayaan pribadi), tapi seseorang tidak diperbolehkan memiliki sarana produksi secara perseorangan. Hampir semua sektor industri dan sebagian sektor pertanian telah dinasionalisasikan. Sebetulnya, semua sektor ekonomi, kecuali petak kecil tanah yang digarap oleh petani secara kolektif, diambil dan dikuasai di bawah kontrol perencanaan ekonomi nasional. Titik pusat ekonomi Soviet ialah sektor negara; semua industri penting dimiliki negara, begitu juga bidang pertambangan, konstruksi berat, perdagangan eceran perkotaan, kereta api, komunikasi, produksi besar, pertanian koperasi yang besar, dan lain-lain. Sarana-sarana produksi penting dimiliki oleh masyarakat dan semua orang bekerja untuk negara. Apapunjenis usaha pribadi yang ada, seperti pengrajin skala kecil yang menjual produk mereka atau petani perorangan yang menggarap lahan kecil di wilayah terpencil, sangat dibatasi (Gruchy, 1966; Lane, 1985). (Perubahan terakhir dalam organisasi ekonomiUni Soviet dikupas dalam topik khusus pada akhir bab ini).

Masyarakat-masyarakat negara sosialis Eropa Timur sedikit banyak berkiblat pada model Soviet, tapi mereka mempunyai kecenderungan untuk menjadi agak lebih terbuka kepada aktivitas ekonomi kapitalis. Hal ini terutama terjadi pada Yugoslavia, yang pada awal dekade 1950-an memulai percobaan “pasar sosialisme”. Percobaan ini masih mendasarkan diri pada ekonomi negara sosialis tapi membebaskan berkembangnya bisnis kapitalis berdampingan dengan ekonomi sosialis. Saat ini Yugoslavia mempunyai persediaan barang konsumsi yang lebih banyak untuk warganya dibanding yang dipunyai masyarakat negara sosialis lain (Chirot, 1986).

singkat Uni Soviet mengalami transformasi dari masyarakat pertanian yang besar menj adi salah satu masyarakat industri penting dunia. Kecepatan industrialisasi di Uni Soviet dan nafsu besar pemimpin-pemimpin Soviet telah menimbulkan kesengsaraan rakyat. Jutaan petani dibunuh atau dikirim ke kamp kerja paksa untuk mengubah pertanian menjadi industri. Hal ini merupakan salah satu riwayat yang menyakitkan dalam sejarah manusia. Pada saat ini masyarakat-masyarakat negara industri sosialis yang besar, dalam beberapa hal yang penting sangat mirip dengan masyarakat industri kapitalis. Secara garis besar, industrialisasi telah menciptakan ciri-ciri pola sosial dasar yang mirip bagi kedua tipe masyarakat tersebut. Tapi dunia negara sosialis, walaupun telah membuat kemajuan besar dalam hal ini, masih ingin mencapai tingkat kesejahteraan ekonomi yang benar-benar tinggi seperti yang menjadi ciri kapitalisme modern.

Filed under : Bikers Pintar,