Advertisement

PENGERTIAN BAHASA INDONESIA – Selain merupakan bahasa resmi, juga menjadi bahasa pemersatu bagi bangsa ini. Pada tahun 1988, diperkirakan bahasa Indonesia sudah dikuasai dan digunakan oleh lebih dari 120 juta pe­nutur, atau sekitar 73 persen penduduk Indonesia. Ha­nya generasi tua yang usianya di atas 50 tahun dan tinggal di daerah terpencil yang tidak menguasai ba­hasa Indonesia.

Dipilihnya bahasa Indonesia yang berasal dari ba­hasa Melayu pada Kongres Pemuda 1928 di Jakarta merupakan tonggak sejarah penting dalam proses per­satuan bangsa. Walaupun ketika itu bahasa Jawa di­gunakan oleh lebih dari 60 persen penduduk, suku bangsa Jawa sadar bahwa bahasa Melayu lebih me­mungkinkan untuk digunakan sebagai bahasa pemer­satu. Itulah sebabnya mereka mencantumkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu pada Sumpah Pemuda 1928. Kemajuan teknologi, yakni adanya radio dan televisi, lebih memperluas penggunaan bahasa Indonesia di daerah-daerah.

Advertisement

Selain bahasa Indonesia, di semua daerah masih te­tap hidup bahasa daerah masing-masing. Bahasa dae­rah masih tetap digunakan secara aktif oleh suku bangsa masing-masing, dan diajarkan di sekolah- sekolah setingkat Sekolah Dasar. Bahasa Jawa, misal­nya, sampai tahun 1980-an masih digunakan oleh le­bih dari 65 juta penutur; bahasa Sunda dan Padang masing-masing oleh sekitar 20 juta penutur; bahasa Batak oleh sekitar 15 juta penutur. Bahkan beberapa bahasa daerah juga masih memiliki aksara sendiri, antara lain aksara Jawa, aksara Batak, dll.

Advertisement