PENGERTIAN BEBERAPA JENIS PERBEDAAN KETERGANTUNGAN EKONOMI

32 views

PENGERTIAN BEBERAPA JENIS PERBEDAAN KETERGANTUNGAN EKONOMI – Konsep ketergantungan dapat dipahami secara lebih utuh melalui tinjauan terhadap berbagai bentuk ketergantungan ini. Theotonio Dos Santos (1970) telah mengajukan tiga bentuk historis ketergantungan yang telah dilampaui negara-negara terbelakang pada saat ini. Bentuk yang pertama disebutnya dengan ketergantungan kolonial. Di bawah bentuk ketergantungan ini, yang dimulai sekitar awal abad di beberapa bagian di dunia, kekuatan kapitalis Eropa menjajah negara-negara pra-kapitalis dan memantapkan monopoli atas tanah, tambang, dan pekerja. Kelebihan kekayaan diambil dari negara-negara ini melalui kekuasaan bangsa Eropa atas perdagangan. Ciri ekonomi negaranegara yang dijajah sangat diwarnai oleh subordinasi mereka dari negaranegara Eropa.

Bentuk ketergantungan kedua yang diidentifikasi oleh Dos Santos ialah ketergantungan finansial-industrial. Bentuk ketergantungan ini muncul pada alchir abad xix. Dia dicirikan oleh perluasan kapitalisme industri Eropa (sebagai lawan dari kapitalisme perdagangan) ke negara-negara terbelakang dunia. Bentuk ketergantungan ini adalah bagian dan bentukan dari fase monopoli perkembangan kapitalis. Ketergantungan finansial-industrial, meliputi investasi besar para kapitalis besar di dunia terbelakang terutama untuk mendapatkan hasil bahan mentah yang diekspor kembali ke negara-negara pusat.

Bentuk ketergantungan terakhir, menurut Dos Santos, ialah ketergantungan baru. Jenis ketergantungan ini adalah gejala pasca Perang Dunia II beserta munculnya perusahaan-perusahaan multi nasional yang menangani investasi ekonomi yang intensif di negara-negara dunia ketiga.

Di sini perlu dipertanyakan tentang bagaimana ketergantungan menciptakan dan melestarikan keterbelakangan. Para pengikut teori ketergantungan tidak menyetujui adanya mekanisme baku terjadinya pelestarian. Berbagai mekanisme tentang bagaimana ketergantungan menyebabkan keterbelakangan telah diajukan oleh para ahli, dan kadang-kadang seorang ahli mengajukan lebih dari satu usulan. Empat mekanisme ketergantungan yang paling sering diajukan dalam literatur ketergantungan pada saat ini (Chase-Dunn, 1975; Delacroix dan Ragin, 1981; Barrett dan Whyte, 1982) ialah:

1. Eksploitasi melalui repatriasi. Sering dimunculkan dalam tulisan-tulis-

an tentang ketergantungan bahwa perusahaan asing hanya menginvestasikan kembali porsi keuntungan mereka yang berasal dari investasi dunia ketiga di dunia ketiga itu sendiri. Cukup banyak dari keuntungan ini dikembalikan (direpatriasikan) untuk keuntungan negara yang melakukan investasi.

2. Tekanan elit. Suatu hal yang biasa dalam tulisan-tulisan tentang keter-

gantungan ialah pernyataan bahwaipara kapitalis kaya dinegara-negara dunia ketiga mengadakan pelbagai perjanjian dengan para kapitalis kaya pusat untuk mempertahankan status quo negara terbelakang. Hal ini terjadi karena para elit dari kedua negara diuntungkan oleh berlakunya situasi ekonomi itu.

3. Distorsi Struktural. Beberapa pengikut teori ketergantungan berpendapat bahwa ketergantungan ekonomi berakibat pada distorsi ekonomi negara terbelakang. Distorsi ini kemudian menyebabkan timbulnya beberapa penghambat perkembangan ekonomi. Pendapat ini, misalnya, mirip dengan yang dinyatakan Amin ketika ia bicara tentang disartikulasi ekonomi yang merupakan akibat dari ketergantungan negara-negara dunia ketiga kepada pusat kapitalis.

4. Vulnerabilitas pasar (market vulnerability) . Kadang-kadang ada pendapat bahwanegara-negara pinggiran terutama dirusak oleh kondisi pasar dunia. Permintaan dunia akan produk-produk primer negara-negara pinggiran cenderung turun terus, dan penurunan ini diperburuk oleh fluktuasi harga produk primer.

Keempat cara bagaimana ketergantungan menyebabkan keterb elakangan jangan dianggap sebagai saling terpisah. Sangat mungkin bahwa keterbelakangan dapat merupakan akibat dari lebih satu mekanisme yangberjalan pada saat yang bersamaan, atau bahkan dari jalannya semua mekanisme tersebut secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *