PENGERTIAN BIROKRASI DAN ADMINISTRASI NEGARA ADALAH

990 views

PENGERTIAN BIROKRASI DAN ADMINISTRASI NEGARA ADALAH – Birokrasi dapat dilihat dari konteksnya. Ahli sosiologi melihat dan mengartikan birokrasi secara umum, yaitu sebagai tatanan yang ada dalam pabrik, koperasi, rumah sakit, atau organisasi besar lainnya. Para ahli ilmu politik, sebaliknya, lebih membatasi pada biro-biro pemerintahan, cabang eksekutif dari pemerintahan. Peran birokrasi berhubungan dengan administrasi negara, yaitu proses kegiatan secara terpadu dari fungsi pemerintahan dan fungsi penunjang kegiatan kemasyarakatan dalam bernegara. Dengan demikian peran birokrasi amat penting dalam sistem penyelenggaran negara.

Perubahan-perubahan peranan birokasi dalam konteks kemajuan pembangunan pada era globalisasi ini perlu diidentifikasi dengan jelas untuk mengarahkan perubahannya.

Sikap terhadap perubahan birokrasi dikemukakan oleh Riggs. 1989: 145 yang mengemukakan keraguannya:

Upaya untuk menemukan cara lebih ilmiah untuk memahami perilaku administrasi dalam konteks silang budaya “sampai dewasa ini” telah menghasilkan suatu resep sosial politik yang terencana, dan suatu perubahan administrasi akan mampu mancapai tujuan yang dikehendaki dibanding dengan sasaran para operator yang berpengalaman yang terlebih dahulu mengetahui berapa “rahasia dagang” melalui uji coba…

Pernyataan tersebut telah banyak menggelitik orang yang bersedia memberikan rekomendasi tentang apa yang seharusnya menjadi sasaran bagi pembangunan birokrasi dan bagaimana hal tersebut dapat dilakukan.

Menurut penulis, perubahan dapat dilakukan kalau biro-krasi relatif dominan. Karena itu perlu dicari faktor-faktor determinan yang mempengaruhinya, dan dari situ lantas dicari cara untuk kemungkinan-kemungkinan perubahannya. Salah saltu determinan itu adalah kemampuan administrasinya dalam sistem pemerintahan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *