Advertisement

Suatu jenis burung penyanyi yang bersuara merdu dan mampu menirukan suara beberapa jenis burung lainnya. Warna bulunya secara keseluruhan hijau kekuningan. Bagian tepi bulu sayap primer dan bulu ekor berwarna biru. Burung jantan dicirikan oleh bulu berwarna hitam di bawah mata dan paruh sampai kerongkongan. Selaput pelangi mata berwarna cokelat tua. Kaki berwarna abu-abu dan paruh hitam. Panjang tubuh sekitar 18 sentimeter.

Burung ini hidup di hutan dan daerah tepi hutan. Biasanya, burung ini ditemukan dalam kelompok kecil di puncak pohon atau di dahan pohon yang besar. Warna bulunya yang hijau tersamar oleh warna daun, sehingga burung ini tidak terlihat bila tidak sedang bernyanyi. Pakannya terdiri atas buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

Advertisement

Sarangnya diletakkan di pohon yang tinggi dan biasanya tertutup oleh dedaunan. Jumlah telur rata-rata empat butir, berwarna putih atau kuning gading dengan bercak-bercak cokelat kemerahan. Penyebarannya di Burma, Thailand, Kambodia, Indocina, Malaysia, Indonesia, India Selatan, dan Sri Lanka. Di Indonesia, burung daun banyak ditemukan di hutan-hutan Sumatra, Natuna, Belitung, Kalimantan, dan Jawa.
Klasifikasi Ilmiah: Burung daun termasuk suku Irenidae; jenis Chloropsis cochinchinensis.

Incoming search terms:

  • burung daun malaysia
  • pengertian daun burung

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • burung daun malaysia
  • pengertian daun burung