Advertisement

PENGERTIAN BURUNG PELATUK – Satu kelompok burung ber-ukuran kecil sampai sedang dengan paruh panjang kuat, dan runcing. Tubuhnya ditumbuhi bulu dengan warna beraneka; ada yang kuning, hijau, cokelat, abu-abu, merah bata, atau kombinasi hitam dan putih, dengan bercak bintik-bintik. Kebanyakan jantan mempunyai bulu berwarna merah di bagian kepalanya. Paruhnya digunakan untuk mematuk atau melubangi batang dan dahan pohon yang busuk uiau mati un-tuk mencari makan atau membuat sarang. Selama mematuk, burung ini berdiri dengan posisi vertikal dan sejajar dengan batang pohon.

Cakarnya, yang terdiri atas dua jari depan dan dua jari belakang, mencengkeram batang pohon, sedangkan ekornya menjadi penyangga. Lidahnya panjang, ramping, dan lentur, sehingga memudahkan burung pelatuk mengambil serangga yang terdapat dalam batang pohon. Adakalanya, burung pelatuk memakan serangga yang ada di tanah dan udara, atau buah-buahan dan biji-bijian.

Advertisement

Burung pelatuk beranggotakan sekitar 200 jenis yang tersebar hampir di semua benua, kecuali Australasia, Madagaskar, dan beberapa pulau kecil di tengah samudera.

Klasifikasi Ilmiah. Burung pelatuk termasuk suku Picidae.

Incoming search terms:

  • arti melihat burung pelatuk
  • pengertian burung pelatuk

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti melihat burung pelatuk
  • pengertian burung pelatuk