reserve currency (cadangan devisa)

Pemerintah menyimpan cadangan mata uang asing yang memungkinkannya mengadakan intervensi dalam pasar uang asing, dalam upaya mempengaruhi nilai tukar mata uang domestik terhadap mata uang asing dengan cara membeli dan menjual berbagai mata uang. Cadangan seperti itu tidak akan diperlukan jika mata uang dibiarkan mengambang dengan bebas. Sistem nilai tukar tetap yang telah beroperasi sejak tahun 1944, menyusul persetujuan Bretton Woods sampai tahun 1973; sistem ini kemudian digantikan oleh sistem mengambang “kotor” di mana pemerintah sering kali campur tangan mempengaruhi nilai tukar, jadi tidak membiarkannya mengambang bebas. Kedua sistem ini’ mensyaratkan pemerintah memegang sejumlah cadangan devisa yang memungkinkannya mempengaruhi nilai tukar melalui intervensi mata uang asing. Cadangan devisa adalah mata uang yang dimiliki kebanyakan pemerintah sebagai bagian dari cadangan valuta asing mereka.

Dengan adanya Persetujuan Bretton Woods yang mengakibatkan negara-negara besar menyesuaikan nilai tukar mata uang mereka terhadap dolar AS dan adanya kekuatan AS dalam perekonomian dunia dolar AS pun menjadi cadangan devisa utama di seluruh dunia. Sterling menjadi cadangan devisa utama sebelum PD II tetapi perannya mengalami kemunduran pada periode pasca-perang. Menyusul runtuhnya sistem nilai tukar tetap pada tahun 1973, telah terjadi terobosan untuk mendiversifikasi simpanan valuta asing pemerintah. Deutschmark (terutama dengan sistem moneter Eropa pasca 1979 di mana mata uang tersebut memainkan peran “mata uang jangkar” sebagaimana dolar AS dalam sistem Bretton Woods), Franc Swiss dan Yen Jepang telah muncul sebagai cadangan devisa yang digunakan secara luas.

Sampai saat ini masih terdapat perdebatan tentang apakah diversifikasi cadangan valuta asing ini optimal atau apakah aset-aset cadangan yang diciptakan secara internasional, seperti Special Drawing Right atau European Currency Unit, bisa menyediakan landasan yang lebih baik bagi sistem moneter internasional.

Incoming search terms:

  • pengertian cadangan devisa
  • cadangan devisa adalah

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian cadangan devisa
  • cadangan devisa adalah