Advertisement

Berisikan percintaan dua kekasih, perpisahan mereka, pencarian dan penyamaran dalam petualangan dan akhirnya pertemuan mereka kembali. Cerita mi mengambil kisah jaman Kerajaan Kediri. Meskipun semula berasal dari Jawa, cerita Panji terkenal di Asia Tenggara. Kapan cerita ini mulai terbentuk, masih menjadi perdebatan antara para ahli sastra lama. C.C. Berg menyebutkan bahwa cerita Panji telah terbentuk antara abad ke-13 dan 14 di Jawa Timur, sedangkan menurut Poerbatjaraka abad ke-16, yakni setelah kejayaan Majapahit surut.

Cerita Panji, dalam berbagai versinya, terdapat di lingkungan kebudayaan Jawa, Bali, Melayu, Kambo- dia, Thailand. Dalam kesusastraan Melayu Lama jenis cerita Panji ini sangat banyak, yakni Hikayat Jar an Kinani; Asmarandana, Hikayat Anom Mataram, Hikayat Mesa Gimang, Hikayat Prabu Jaya, dan masih banyak lagi. Namun pada dasarnya terdapat tiga versi cerita Panji Melayu, yakni Hikayat Cekel Wanengpati, Hikayat Panji Kuda Semirang, dan Hikayat Panji Semir ang.

Advertisement

Di Bali dikenal cerita Malat. Di Palembang dikenal cerita Panji Angreni. Di Jawa sendiri terdapat beberapa versi cerita Panji sejak masa bahasa Jawa Tengah- an sampai bahasa Jawa Baru abad ke-19. Naskah dalam bahasa Jawa Tengahan, misalnya, adalah Wangbang Wideya dan Panji Angreni yang berbahasa Jawa Tengahan muda. Dalam abad ke -19 pujangga keraton Surakarta masih menulis Panji Jayeng Tilam (Ranggawarsita).

Di samping dalam bentuk sastra, cerita Panji juga tersebar dalam bentuk teater dan tari, terutama di Jawa. Wayang gedog di Jawa mengambil cerita teaternya dari cerita Panji. Begitu pula teater tari raket di jaman Majapahit berdasarkan cerita Panji. Raket ini kemudian tersebar ke Bali dan disebut gambuh. Tari topeng Cirebon pada dasarnya mengambil cerita Panji. Begitu pula wayang topeng di daerah Jawa Tengah pun didasarkan cerita Panji. Di lingkungan teater rakyat di Jawa pada abad ke-18-19 dikenal juga teater Ande-ande Lumut dan Ketek Ogleng yang berdasarkan cerita Panji.

Di Malang, Jawa Timur, dikenal pula teater Topeng Malang yang antara lain mengambil cerita Panji. Dalam cerita Panji Kambodia, tokoh utamanya disebut Eynao (dalam bahasa Jawa Kuno berbunyi Hino atau Ino), sedangkan dalam versi Thailand terdapat dua versi, yakni Dalang dan Ari Negara.

Nama tokoh dalam cerita Panji berbeda-beda untuk setiap versi. Begitu pula penyebutan nama-nama negeri mereka. Namun pola plotnya selalu sama. Begitu juga setting negara asal para tokohnya selalu mirip, yakni kisah yang terjadi di antara keluarga dalam empat kerajaan. Kerajaan itu dapat disebut Koripan. Kuripan atau Janggala, dapat pula Gegelang, Daha atau Kediri, Mamenang, Urawan, dan Singasari. Setting negara tersebut mewadahi plot cerita yang berawal dari percintaan antara putra raja dan putri raja (atau patih) dari negara-negara tertentu, kemudian terjadi perpisahan karena sebab khusus, disusul dengan pengembaraan kedua kekasih untuk saling mencari dan menghindar dalam penyamaran, dan akhirnya pertemuan serta perkawinan mereka.

Menurut penelitian Rassers, cerita Panji adalah perwujudan mitos matahari dan bulan. Mitos ini berdasarkan paham masyarakat eksogami Jawa yang meskipun terdapat dua golongan masyarakat yang saling bermusuhan, para pemudanya harus mencari jodohnya dari lingkungan masyarakat lawan. Karena itu dalam hampir semua cerita, Panji menikah dengan Candrakirana, sedang adik Panji menikah dengan adik Candrakirana. Episode pengembaraan kedua tokoh utamanya menyiratkan arti inisiasi para pemuda untuk mematangkan jiwa mereka sebelum mencapai alam kedewasaan. Perkawinan tokohnya berarti selesainya masa inisiasi mereka.

Cerita Panji diduga berasal dari kakawin Smarada- hana karya Mpu Dharmaja pada jaman Kediri. Pada akhir kakawin tersebut diceritakan perkawinan Kameswara dari Madyadesa (Kediri) dengan putri Kirana dari Wajradrawa (Janggala).

Adapun jalan cerita Panji sebagai berikut: Raden Inu Kertapati, putra raja Kahuripan, ditunangkan dengan putri Galuh Candrakirana, anak pamannya dari Daha. Ayah Inu Kertapati tiga bersaudara, masing-masing memerintah di Kahuripan (Koripan), Daha, dan Gagelang. Meskipun Inu Kertapati dan Galuh Candrakirana telah bertunangan secara resmi, keduanya belum pernah bertemu muka. Sementara itu istri raja Daha yang lain, Paduka Liku, juga mempunyai anak perempuan yang bernama Galuh Ajeng. Paduka Liku menginginkan agar Galuh Ajeng yang dijodohkan dengan Raden Inu.

Meskipun Raden Inu telah ditunangkan dengan Candrakirana, ia jatuh cinta pada anak putri Patih Kahuripan. Percintaan ini dihalangi oleh permaisuri yang kemudian menyuruh Raden Inu mengunjungi pamannya yang sedang bertapa di gunung. Sementara Raden Inu pergi, permaisuri memerintahkan untuk membunuh putri Patih, kekasih Raden Inu. Ketika Raden Inu mengetahui bahwa kekasihnya tewas, ia tidak mau kembali lagi ke keraton dan mengembara disertai empat pengiringnya, yakni Jeruji, Punta, Kertala, dan Prasanta. Raden Inu menaklukkan raja-raja Jawa dan menikahi putri-putri mereka. Putri Galuh Candrakirana yang mengetahui kepergian Raden Inu berniat mencarinya. Ia menyamar sebagai lelaki dan mengembara sambil menaklukkan raja-raja serta bupati Jawa. Candrakirana juga dicintai oleh putri-putri raja taklukannya serta menikahi mereka, namun ia selalu mempunyai alasan untuk tidak tidur bersama para istrinya. Beberapa nama negara yang dijelajahi antara lain adalah Gagelang, Singasari, Panjalu, Pasu- ruhan, dan Lumajang.

Akhirnya Raden Inu dan Candrakirana yang menyamar bertemu di Gagelang. Keduanya terlibat perkelahian hebat, tak ada yang kalah atau menang. Dalam dialog yang terjadi, baru sadarlah mereka bahwa keduanya adalah pasangan yang telah lama dipertunangkan. Setelah itu diadakanlah pesta perni-kahan mereka.

Incoming search terms:

  • pengertian cerita panji
  • cerita panji
  • contoh cerita panji
  • apa yang dimaksud dengan cerita panji
  • pangerten bahasa jawa cerita panji
  • apa itu cerita panji
  • panji adalah
  • materi tentang cerita cerita panji
  • yang termasuk dalam cerita panji
  • cerita panji dari jawa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian cerita panji
  • cerita panji
  • contoh cerita panji
  • apa yang dimaksud dengan cerita panji
  • pangerten bahasa jawa cerita panji
  • apa itu cerita panji
  • panji adalah
  • materi tentang cerita cerita panji
  • yang termasuk dalam cerita panji
  • cerita panji dari jawa