Advertisement

CETAK BENTUK, atau moulding, merupakan proses pembentukan suatu benda dengan menggunakan alat pencetak. Berbagai macam bahan dasar seperti tanah liat, kaca, plastik, lilin, dan karet, dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan.

Kaca dapat dicetak menjadi gelas, lembaran kaca, atau bentuk lainnya. Tanah liat dapat dicetak menjadi genting, batu bata, dan benda seni termasuk pot bunga. Lilin dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk hewan atau manusia, yang umumnya membutuhkan keakuratan yang tinggi. Karet dicetak menjadi berbagai bentuk termasuk roda kendaraan bermotor. Plastik dapat dibentuk menjadi pipa, drum, lembaran, botol, busa, dll.

Advertisement

Dilihat dari cetakannya, dapat dibedakan tiga metode mencetak, yaitu cetakan buang, cetakan potongan, dan cetakan lunak. Cetakan buang adalah istilah untuk cetakan sekali pakai. Cetakan yang sudah jadi diisi dengan bahan dasar, dan setelah bahan itu kering, pencetaknya dipecah untuk mengeluarkan hasilnya. Cetakan potongan memiliki beberapa engsel sehingga bisa dibuka tanpa merusak hasil cetakan atau polanya. Cetakan ini digunakan bila model aslinya harus dipertahankan agar tidak terluka atau cetakannya akan digunakan berulang kali. Cetakan lunak dibuat dari gelatin, karet, atau bahan sintetis lunak lainnya yang dipakai untuk mereproduksi model asli yang padat dan untuk menghasilkan banyak duplikat. Kelunakan cetakan memungkinkannya untuk bergerak meninggalkan hasil cetakannya tanpa cacat, baik pada pola asli maupun hasilnya.

Cara mencetak bermacam-macam, bergantung pada bentuk benda yang diinginkan dan bahan pembuatnya. Cetak tekan atau ekstrusi adalah proses cetak yang paling biasa digunakan. Selain itu ada beberapa cara lain termasuk cetak tiup, cara mencetak dengan meniupkan gelembung udara ke bahan pencetak hingga mengembang melawan dinding cetakan. Ini antara lain dipakai untuk mencetak cetak tarik, yang biasa dipakai untuk membuat kaca lembaran, dilakukan dengan menarik lelehan kaca melalui rol-rol. Pada cetak putar, bahan dasar cair dimasukkan ke dalam cetakan yang diputar, sehingga akan tersebar merata di dinding pencetak.

Incoming search terms:

  • bentuk bentuk cetak
  • cetak bentuk
  • mencetak dengan berbagai bentuk

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • bentuk bentuk cetak
  • cetak bentuk
  • mencetak dengan berbagai bentuk